PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


ResHan
ResHan
Member since:
September 2014
Member Level :
Member 1

7 Alasan Penting Belajar Bahasa Asing

Published : 26 September 2014
|
4.172
0
0
|
Ngaku deh, siapa di antara para pembaca yang paling malas kalau diminta belajar Bahasa Asing. Bahasa Inggris lah paling nggak. Rasanya kalau belajar bahasa asing tuh pasti mikirnya “Buat apa, sih? Toh hidup dan tinggal di Indonesia ini.” Alih-alih mengakui kekurangannya, biasanya justru nyeletuk dengan alasan “Kita tuh harus bangga dengan bahasa bangsa.”

Image Credit By www.kawankumagz.com
Adakah yang berpikiran seperti itu? Sepakat dengan pendapat di atas? Atau sedang menghadapi saudara yang juga sangat malas disuruh belajar bahasa asing? Kalau begitu, Anda membaca artikel yang tepat.

Okelah, Bahasa Indonesia itu penting dipelajari dan diterapkan. Mau tidak mau memang saat ini Bahasa Indonesia jadi pelajaran paling sulit bagi anak sekolah karena diketahui nilai rata-rata UN Bahasa Indonesia masih ada yang rendah. Tapi bukan berarti lantas kita bersantai ria dan tidak belajar bahasa asing. Bukan hanya Bahasa Inggris yang perlu dipelajari, tapi juga bahasa asing lainnya. Tahu kenapa? Cek daftar panjang alasannya berikut ini :

1. Meningkatkan kecerdasan

Setidaknya ada 5 penelitian yang membuktikan hal ini. Orang yang mempelajari bahasa asing terbukti memiliki kompetensi kognitif melebihi orang lain yang tidak belajar. Saat seseorang belajar bahasa asing, maka ia akan memiliki keingintahuan yang tinggi. Dengan kemampuan bahasa asing yang dimiliki, seseorang bisa mengetahui dan memahami informasi yang tersaji dalam bahasa asing tersebut. Semakin belajar, semakin meningkat pula kecerdasannya.

2. Memuluskan karir

Ada ratusan ribu lowongan pekerjaan yang mensyaratkan kita untuk menguasai bahasa asing. Di Indonesia, biasanya bahasa asing yang perlu dikuasai adalah Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Jepang. Tidak hanya berperan sebagai penerjemah, tetapi juga sebagai sales admin, resepsionis, supervisor, staf marketing communication, sekretaris, tele marketing staff, dan sebagainya. Sayang kan, kalau kita harus kehilangan pekerjaan impian hanya karena malas belajar bahasa.

3. Meningkatkan impressi

Salah satu yang memengaruhi penilaian orang lain pada diri kita adalah kemampuan berbahasa asing. Orang yang bisa berbahasa asing dianggap lebih pintar, lebih berwawasan dan bisa menyelesaikan masalah. Suka atau tidak, kalau kita menjawab “Iya, saya bisa Bahasa Inggris, Perancis, Jerman, bla bla ….”, maka orang akan lebih respect. Nah kalau kita tidak bisa berbahasa asing, akan ada yang menganggap kita sebagai orang kebanyakan yang tidak spesial.

4. Bebas masalah saat travelling

Travelling ke berbagai negara dan keliling dunia pastilah diinginkan oleh semua orang. Tapi, apa jadinya kalau kita tidak bisa berbahasa asing? Nggak mungkin kan hanya mengandalkan bahasa isyarat wajah dan gesture selama berhari-hari. Bukan hanya perlu menguasai Bahasa Inggris, tetapi juga bahasa setempat. Kalau kita bisa mengetahui beberapa kosa kata dan kalimat dalam bahasa setempat, maka orang-orang di sana akan lebih peduli dan mau membantu. Mereka menganggap kita adalah orang yang menghormati budaya orang lain.

5. Membuat otak awet muda

Menurut penelitian salah satu ilmuwan dari University of Edinburg, kemampuan bilingual akan membuat otak manusia lebih ‘awet muda’. Dengan menguasai bahasa asing, seseorang tidak mudah pikun, kemampuan mebaca lebih baik, dan tetap bisa berpikir dengan cepat di usia 65 tahun. Bahkan, orang tua yang menguasai bahasa asing pun lebih cerdas daripada mereka yang hanya menguasai bahasa ibu atau bahasa daerah. Tidak masalah pada usia berapapun kita mulai belajar bahasa asing, otak akan merespon positif. Otak pun bisa menjadi lebih focus.

6. Memudahkan akses belajar ke luar negeri

Entah sekadar mengikuti trend, menuruti gengsi, atau memang ingin mendapatkan pengetahuan lebih banyak, nyatanya kuliah di luar negeri merupakan idaman banyak orang. Tapi, hanya orang yang bisa berbahasa asing (minimal Bahasa Inggris) lah yang lebih mudah melakukannya. Bayangkan saja kita menetap di luar negeri selama bertahun-tahun tanpa modal bahasa asing. Bukannya belajar bidang ilmu yang diinginkan, kita justru merepotkan diri dengan ribetnya interaksi tanpa modal kemampuan bilingual.

7. Meningkatkan kesehatan mental

Orang yang mampu berbahasa asing akan lebih mudah bergaul dan percaya diri. Beda dengan orang yang hanya menguasai 1 bahasa saja. Dengan menguasai bahasa asing, seseorang lebih yakin pada masa depan dan karirnya. Mereka cenderung tidak stress dan terhindar dari depresi.
 
Selain ketujuh alasan tersebut, bahasa asing juga dipastikan memudahkan kita dalam beraktivitas sehari-hari. Lihat saja beragam perangkat canggih yang petunjuknya hanya tersedia dalam bahasa asing. Bahasa asing juga memudahkan kita terhindar dari Alzheimer, dementia, dan penyakit mental lainnya. Jadi, masih ragu belajar bahasa asing?



Cover picture courtesy of pendapatanda.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To