PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


lubissa
lubissa
Member since:
May 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

7 Tantangan Yang Harus Dihadapi Untuk Perubahan Besar Dalam Hidup

Published : 9 July 2015
|
8.784
0
0
|
"You must make a choice to take a chance or your life will never change."
- Unknow -
Quote di atas adalah prinsip yang banyak dipegang oleh orang-orang sukses. Jika kita menginginkan perubahan yang lebih baik dalam hidup kita maka kita harus berani memilih kesempatan baik yang datang pada kita. Hal sama yang dilakukan berulang-ulang, tapi tidak memberikan dampak yang lebih baik dalam hidup kita, maka kita harus berani mencari kesempatan lain yang bermanfaat. Memang tidak semua kesempatan dapat kita ambil. Tapi bila kita tidak mengambil kesempatan apapun, perubahan besar tidak dapat kita peroleh.
Setiap orang berhak untuk mengambil kesempatan dalam hidupnya. Tapi hanya beberapa orang yang terkadang sampai finish. Karena setiap kesempatan selalu terdapat tantangan yang harus berani kita hadapi. Apa saja tantangannya?

1. Kita harus mau hidup disiplin

Image Credit By support
Hal pertama kali yang harus kita ubah adalah kebiasaan atau gaya hidup kita. Karena hal itu mempengaruhi tingkat kesuksesan kita nantinya. Orang sukses memiliki kebiasaan yang positif dan teratur. Bangun pagi, membuat rencana yang detail, tepat waktu dan bertanggung jawab adalah beberapa contoh sikap disiplin yang harus dilakukan. Pada awalnya mungkin sulit, kita harus punya niat yang besar untuk melakukan hal-hal tersebut. Keberhasilan hanya mengikuti orang-orang yang berdisiplin tinggi. Tanpa kedisiplinan, masa depan hanya jadi angan-angan saja. Perubahan besar terjadi karena kumpulan perubahan kecil yang kita lakukan secara konsisten. Dan perubahan kecil itu dimulai dari sikap diri sendiri.

2. Kita harus tahan ejekan orang lain

Image Credit By www.pinterest.com
Ada ungkapan bahwa hal baik atau pun hal buruk yang sekarang kita kerjakan, pasti ada saja orang yang membicarakan kita di belakang. Walaupun hal yang kita kerjakan itu bermanfaat,  terkadang ada beberapa orang yang mengatakan bahwa kita tidak akan berhasil atau prosesnya pasti lama. Lebih baik jangan pedulikan sikap mereka. Setidaknya kita lebih maju selangkah dibandingkan mereka. Fokus saja untuk berusaha lebih giat lagi. Apabila kita berhasil, tentu yang senang bukan hanya diri sendiri, tapi keluarga dan orang-orang yang selalu mendukung kita. Kalau pun tidak berhasil, yang penting kita sudah belajar agar tidak mengalami kegagalan lagi. Selalu ingat bahwa satu ejekan adalah satu pemicu semangat untuk terus berusaha. Bila ada banyak yang mengejek berarti kita punya banyak pemicu semangat.

Image Credit By www.livelifehappy.com
3. Kita harus tahan kritik dan saran dari orang lain

Bagi orang sukses, kritik dan saran dijadikan sebagai makanan sehari-hari untuk terus belajar dan tumbuh. Jadi jangan bosan dan marah kalau mendapat kritikan pedas. Orang yang mengkritik, bukan berarti tidak suka dengan kita. Anggap saja kritikan mereka sebagai bentuk rasa perhatian terhadap pertumbuhan sikap dan mental kita. Begitu juga dengan saran, kita perlu orang lain untuk menilai dan memberi masukan agar kita terus upgrade.

Image Credit By support
4. Kita harus rela mengorbankan kesenangan

Bentuk kesenangan ada macam-macam, misalnya sering nongkrong di mall bareng teman-teman, shopping, nonton bioskop, dll. Tapi demi perubahan yang lebih baik, kita harus rela untuk menunda hal-hal tersebut. Karena waktu kita sangat berharga kalau hanya dihabiskan hanya untuk bermain atau bermalas-malasan. Kita harus gunakan waktu kita dengan sebaik-baiknya untuk memanfaatkan kesempatan yang datang, entah itu dalam bidang bisnis, pendidikan ataupun karir. Kita bukan menghilangkan kesenangan, tapi kita hanya menunda atau menguranginya saja.

5. Kita harus kuat dengan penolakan

Image Credit By www.pinterest.com
Bukan hanya soal asmara saja yang ditolak. Untuk berubah menjadi lebih baik, kadang kita juga harus menemui penolakan. Ada macam-macam penolakan, contohnya ditolak oleh investor, customer, teman-teman yang tidak mau bertemu kita lagi karena menganggap kita beda. Bahkan ditolak oleh keluarga sendiri atau tidak mendapat dukungan dari keluarga. Tapi percayalah, bahwa penolakan tidak selamanya ada. Bila kita terus mencoba, hasil pasti akan datang. Kata “Yes” akan kita temui. Tidak ada yang tidak mungkin bila kita terus berusaha. Tunjukkan pada keluarga bahwa apa yang kita lakukan demi kebahagiaan keluarga juga.

6. Kita harus belajar hemat & mengatur keuangan

Image Credit By support
Orang sukses berhemat bukan karena pelit, tapi karena dia lebih memprioritaskan hal-hal lain yang lebih penting. Kita tidak harus menunggu uang kita banyak, baru mau berhemat. Uang banyak tidak akan berarti bila kita sudah terbiasa hidup boros saat uang kita masih sedikit. Seberapa pun uang kita sekarang, belajarlah mengatur keuangan dan tahan keinginan untuk membeli hal-hal yang tidak penting. Apalagi bila mempunyai bisnis, manfaatkan segala peluang dan jangan takut untuk berinvestasi untuk kemajuan bisnis. Bila kita benar-benar berusaha, uang yang kita investasikan pasti akan balik lebih banyak dari yang kita investasikan.

7. Kita harus berani melawan diri sendiri

Image Credit By support
Dari semua tantangan di atas, sebenarnya yang paling sulit adalah melawan diri sendiri. Bukan kita tidak percaya pada diri sendiri, tapi terkadang ada saat dimana kita mulai lelah, malas dan ingin menyerah karena kegagalan dan kesulitan terus datang. Di saat itulah kita harus perbesar tameng kita. Ingat kembali alasan kita ingin berubah. Orang sukses dibentuk dari kegagalan dan kesulitan yang menimpanya. Karena dua hal tersebut, memberi pelajaran agar kita terus tumbuh dan berkembang. Berkumpul dengan komunitas positif, membaca buku motivasi, perbanyak action adalah cara-cara untuk melawan bisikan menyerah dari diri sendiri. Katakan pada diri sendiri, “Saya berhak sukses dan tidak akan ada yang bisa menghentikan saya untuk terus melangkah”.

Siap untuk 7 tantangan di atas? Jika siap segera ambil kesempatan yang datang dan selesaikan sampai masa depan yang kita inginkan tercapai!



Cover picture courtesy of instagram.com/bestsayingss

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
Temukan pekerjaan yang sesuaid dengan passionmu
by merryriana
Motivation

Apakah Pekerjaanmu Saat Ini Sesuai Dengan Passionmu?
Image Credit by merryriana
17.456
0
0
 
Plan your money, Plan Your Life. And Live your best life for Indonesia
by merryriana
Motivation

Plan Your Money Plan Your Life
Image Credit by merryriana
14.188
0
0
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To