PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


kaursarnabil
Member since:
November 2017
Member Level :
Member 1

7 Tips Agar Bisa Menjadi Seorang Freelancer Professional

Published : 2 December 2017
|
244
0
0
|
Image Credit By google
Freelance merupakan salah satu pekerjaan cukup disukai oleh banyak orang. Alasannya seseorang lebih menjadi seorang freelancer adalah bisa saja karena mereka ingin mendapatkan waktu kerja bebas, atau karena passion mereka untuk bekerja di kantor tidak pernah benar-benar terpenuhi.

Keputusan untuk menjadi seorang freelancer tentu saja tidak boleh sembarangan, kamu harus mempunyai disiplin serta professional yang tinggi. Karena bagaimana pun juga kamu telah memilih bekerja tanpa ada pengawasan sehingga seluruh tanggung jawab harus bisa diselesaikan dengan baik.

Tapi, tidak sedikit freelancer yang merasa jenuh bahkan mengalami kondisi stres saat sedang bekerja di rumah. Padahal seharusnya freelancer bisa merasa bebas dan nyaman karena ia tidak mendapatkan pengawasan berlebihan saat melakukan pekerjaan nya. Beberapa hal berikut bisa membantu kamu meningkatkan kualitas menjadi seorang freelancer di rumah.
Image Credit By google
Buatlah jadwal, jangan membuat list!

Hal pertama yang harus dilakukan seorang freelancer adalah membuat sebuah jadwal kapan harus bekerja dan kapan bisa melakukan aktivitas lain. Misalnya, kamu akan bekerja dari pukul 08.00 sampai 11.00, maka kamu benar-benar harus bekerja di waktu tersebut.Membuat jadwal akan lebih efektif menyelesaikan pekerjaan dengan baik, dibandingkan kamu harus membuat list apa saja yang mesti dikerjakan. Karena hal tersebut hanya akan membuat ada pekerjaan lain yang tidak selesai atau tertunda.
Hindari membuka sosial media saat bekerja!

Kamu juga sebaiknya menghindari membuka sosial media seperti instagram, facebook atau twitter milik pribadi saat sedang bekerja. Kecuali jika memang kamu seorang social media specialist, namun dengan catatan yang boleh dibuka hanyalah sosial media miliki klien. Terlalu sering membuka sosmed pribadi saat bekerja malah akan membuat waktu kamu menjadi semakin berkurang. Karena daya tarik sosmed cukup bisa membuat mu betah untuk membukanya berlama-lama.
Image Credit By google
Jangan melakukan pekerjaan rumah saat sedang bekerja
Karena kamu bekerja di rumah tentu saja akan selalu ada pekerjaan rumah yang juga harus diselesaikan. Misalnya saja, mencuci pakaian, membersihkan rumah dan yang lainnya. Namun sebaiknya kamu menghindari pekerjaan rumah saat sedang bekerja.

Buat jadwal sendiri kapan kamu harus menyelesaikan pekerjaan rumah, tapi hindari melakukan nya saat sedang bekerja. Karena hal tersebut malah akan membuat kamu merasa lelah dan bisa saja saat kamu mau meneruskan pekerjaan klien yang tertunda karena pekerjaan rumah, kamu malah merasa kelelahan dan akhirnya pekerjaan tidak bisa diselesaikan dengan baik.
Buatlah ruang kerja yang terpisah

Ketika kamu bekerja di rumah, tentu saja akan ada banyak faktor pengganggu untuk penyelesaian pekerjaan dari klien. Misalnya saja kamu tinggal bersama adik yang masih kecil, jika ruangan kerjamu tidak dipisahkan maka kamu akan mendapatkan gangguan darinya. Sehingga akan lebih baik jika kamu memiliki ruangan yang terpisah agar bisa menghindari resiko mendapatkan gangguan saat sedang bekerja.

Jangan terlalu berlebihan menggunakan waktu

Berlebihan menggunakan waktu maksudnya adalah kamu benar-benar menghabiskan waktumu dari pagi sampai malam hanya untuk menyelesaikan pekerjaan. Inilah yang akan membuat kamu merasa jenuh. Saat mendapatkan sebuah project dari klien tentu saja akan ada waktu deadline kapan pekerjaan harus selesai.
 
Sesuaikan waktu deadline dengan jadwal kerja mu, tetapi jangan mengambil waktu pribadi kamu untuk bekerja. Karena biarpun kamu bekerja di rumah, juga membutuhkan waktu pribadi untuk bisa meningkatkan kualitas diri misalnya untuk membaca buku atau istirahat.
Mintalah feedback dari klien

Feedback atau testimoni akan sangat penting. Karena dengan testimoni dari klien akan membuka ladang tawaran pekerjaan lain untuk kamu. Orang bisa menjadi lebih percaya jika kamu telah berhasil menyelesaikan pekerjaan sebelumnya dengan baik.
Jangan menerima pekerjaan jika memang kamu tidak mampu

Sebaiknya kamu juga menghindari menerima pekerjaan yang tidak mampu dikerjakan dan malah akan membuat klien kecewa. Karena jika kamu baru  saja memulai karir menjadi seorang freelancer, reputasi merupakan hal yang sangat penting dan hal yang terburuk nya adalah saat kamu mengecewakan klien. 
Menjadi seorang freelancer memang gampang-gampang sulit. Tapi kalau kamu mampu dengan baik mengatur pekerjaan dengan baik tentu saja hal yang sulit bisa dihindari. 

Rate this article:
(0.00 out of 5)

ARTICLE TAGS

Freelance

RELATED ARTICLES

 
 
Tips menabung untuk pekerja freelance.
by Bimokusumo
Life Style

Cara Nabung Ala Freelancer
Image Credit by Bimokusumo
16.237
0
0
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To