PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


Bimokusumo
Bimokusumo
Member since:
August 2013
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

8 Manfaat Jogging untuk Fisik dan Psikis

Published : 12 December 2014
|
1.091
0
0
|

Image Credit By pixgood.com
Jogging jadi salah satu olahraga yang cukup ngetren akhir-akhir ini. Olahraga ini sangat digemari oleh semua kalangan : artis, kakek-nenek, mahasiswa, pekerja kantoran, maupun para remaja. Selain dianggap menyehatkan badan, jogging juga memungkinkan seseorang bisa menikmati pemandangan dan suasana pagi yang masih segar.
Tetapi, beberapa orang masih enggan untuk melakukan olahraga ini. Alasan masih mengantuk dan kelelahan akibat aktivitas kemarin, menghalangi mereka untuk menggerakkan badan di pagi hari. Kamu juga masih malas jogging? Lihat nih, ada 8 manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan lari pagi :

1. Menguatkan tulang

Jogging merupakan olahraga yang meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatannya. Sebuah studi tahun 2001 yang dilakukan oleh lembaga survey kesehatan AS menemukan fakta bahwa pria yang lari pagi memiliki tulang lebih kuat daripada mereka yang tidak aktif berolahraga. Olahraga jenis ini sangat bermanfaat bagi pelakunya karena secara berkala meningkatkan massa tulang kita. Hayo, yang masih muda tapi sering nyeri tulang, apakah masih ragu untuk jogging?

Image Credit By befiso.iezzie.com
2. Mencegah masalah sendi

Beberapa iklan mempertontonkan adegan orang mengalami nyeri sendi setelah jogging. Yap! Itu cuma iklan. Karena faktanya, olahraga yang satu ini bisa menyehatkan persendian kita. Orang-orang yang menderita rematik-arthritis, jogging meningkatkan kekuatan fisik dan mental sehingga bisa melancarkan kegiatan sehari-hari. Setidaknya, inilah laporan tim dari Arthritis Foundation. Selain sendi, jogging juga meningkatkan masa dan kesehatan otot di sekitar sendi. Tetapi, penderita arthritis perlu mengonsultasikan olahraga ini terlebih dulu dengan para dokter. Untuk yang bebas masalah sendi, olahraga ini sangat baik untuk mencegah penyakit tersebut.

3. Menyehatkan jantung

Lari pagi akan membantu mengontrol tekanan darah, gula darah, dan kadar kolesterol. Olahraga ini membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan membakar lemak di sekitar jantung, agar peredaran darah lebih lancar.

4. Menyehatkan paru-paru

Berdasarkan riset American Council on Exercise, orang yang melakukan jogging juga mengurangi kecenderungan seseorang untuk terus merokok. Olahraga ini merupakan salah satu terapi untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Image Credit By magainratu-rumalean.blogspot.com
5. Mengurangi depresi

Menurut riset yang sama, olahraga lari pagi bisa me-refresh otak dan pikiran. Depresi, rasa khawatir, ketakutan berlebihan, trauma, stress bisa berkurang dengan jogging. Jogging sangat ampuh untuk menjadi mood booster karena membuat suasana hati menjadi lebih tenang.

6. Mengontrol berat badan

Menurut penelitian Harvard Medical School, 30 menit lari sambil jalan pagi yang dilakukan secara rutin akan membakar 180 kalori. Berlari dengan kecepatan 5km/jam akan membakar 240 kalori. Baik lari maupun jogging semi jalan, sama-sama bisa membentuk otot perut yang lebih rata dan mengurangi massa lemak dalam tubuh. Berarti olahraga ini juga cocok untuk yang ingin punya tubuh ramping dan atletis.

7. Mencegah stroke

Orang yang lari lebih dari 50 km per minggu memiliki kandungan HDL kolesterol (lemak yang baik) lebih tinggi daripada yang pasif. Mereka juga mengalami penurunan kadar trigleserida serta memiliki resiko tekanan darah tinggi maupun darah rendah 2 kali lebih rendah. Semua peningkatan performa tubuh ini akan menjauhkan kita dari potensi penyakit stroke, salah satu pembunuh paling menakutkan di Indonesia.

8. Meningkatkan mood saat bekerja dan beraktivitas di rumah

Ibu rumah tangga dan wanita karir sering merasa stress akibat tekanan pekerjaan dan masalah keluarga. Untuk itu, sangat disarankan bagi mereka untuk lari pagi selama 30 menit setiap pagi setelah subuh. Bisa dilakukan sambil menuju pasar atau sekadar menyapa tetangga. Berlari secara nyata, merupakan cara ampuh agar sejenak melupakan masalah pekerjaan dan di rumah. Sejenak, wanita jadi memiliki waktu untuk diri sendiri sambil menghirup udara pagi.

Masih ada banyak sekali manfaat jogging yang bisa kita dapatkan. Dengan berlari minimal 30 menit setiap pagi, kita sudah mendapatkan tubuh yang fit dan pikiran yang fresh. Tapi ingat! Jangan berlebihan dalam berolahraga dan tahu batasan saat lelah.


Cover picture courtesy of palembang.tribunnews.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena berefek buruk bagi kesehatan.
by Yuanata
Health

Kombinasi Makanan Yang Seharusnya Tidak Dikonsumsi
Image Credit by Yuanata
83.519
0
1
 
3 tips diet yang dilakukan oleh artis Hollywood.
by NadiaHima
Health

Tren Diet Ala Seleb Hollywood
Image Credit by NadiaHima
82.554
0
0
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To