PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


lubissa
lubissa
Member since:
May 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

Apa Yang Dibutuhkan Negeri Ini?

Published : 26 June 2014
|
773
1
0
|

Judul artikelnya mungkin menyiratkan bahwa saya seorang pemerhati kemajuan NKRI atau politik sekarang ini. Tapi sebenarnya saya tidak begitu mengikuti berita ekonomi, politik, hubungan internasional, masalah dan konflik negara yang sedang terjadi. Saya lebih suka membaca cerita fiksi atau buku motivasi daripada buku tentang langkah membangun negeri.

Tapi bukan berarti saya tidak cinta negeri sendiri. Indonesia adalah negara kaya akan sumber daya alam, kebudayaan, hasil bumi, keramahan warganya dan lain sebagainya yang perlu dilestarikan dan kembangkan.

Saya mempunyai teman yang tinggal di Paris, Perancis. Dia bernama Marjolein dan bekerja sebagai pemandu turis dari Indonesia yang ingin berkeliling di kota Paris. Kita belum pernah bertemu, hanya saling bertukar kabar dan info lewat email. Awal saya mengenalnya adalah melalui buku berjudul Life traveler karangan Windy Ariestanti.

Di dalam bukunya, Windy bercerita bahwa Marjolein sangat suka dengan keramahan orang-orang Indonesia serta budaya dan adat istiadatnya. Sudah beberapa kali, Ia mengunjungi Indonesia dan sering singgah ke Padang. Ia menganggap Indonesia adalah kampung halamannya juga karena Ia sering merasa rindu kepada semua hal tentang Indonesia. Turis-turis Indonesia yang berdatang ke Paris adalah salah satu obat rindunya. Kecintaannya terhadap Indonesialah yang membuat saya ingin mengenalnya. Awalnya saya mengirim email melalui kak Windy untuk Marjolein. Tidak lama kemudian Mar langsung meresponnya dan mengirim balasan ke email saya dan berlanjut sampai sekarang.

Marjolein tidak pernah ketinggalan info tentang Indonesia. Bahkan menurut saya, Ia lebih update daripada saya mengenai berita-berita yang sedang dibicarakan media. Di email terakhirnya Ia menulis tentang pemilihan umum calon presiden yang akan berlangsung 9 Juli 2014 nanti. Mar mengemukakan pendapatnya tentang sikap masing-masing calon presiden. Mar juga memberi tahu siapa calon yang Ia dukung menjadi presiden.

Saya bangga menjadi warga Indonesia saat membaca email-emailnya yang banyak berisi pujian tentang Indonesia. Dan takjub terhadap beberapa pendapat positifnya untuk Indonesia. Ia mencintai Indonesia seperti mencintai negaranya sendiri.

Salah satu hal yang Mar harapkan untuk presiden Indonesia yang baru adalah mampu bersikap tegas dalam memberantas korupsi. Korupsi adalah penyakit akut negeri ini yang sulit disembuhkan. Mar menulis dalam emailnya bahwa beberapa ahli ekonomi mengatakan bila tidak ada korupsi, Indonesia bisa kuasai ekonomi nomor urut enam di dunia. 

Korupsi memang masalah pelik yang dialami negeri ini. Beberapa orang mengatakan bahwa Indonesia harus mempunyai pemimpin berlaku adil, tegas, jujur dan mengerti rakyat. Serta bukan hanya mengumbar janji saja tapi benar-benar menjalankan apa yang dulu dijanjikan saat kampanye.

Hal tersebut memang benar, kita memerlukan pemimpin yang bekerja efektif dan maksimal untuk negeri. Tapi pernahkan terlintas di benak kita untuk memimpin diri sendiri melakukan perubahan? Perubahan kecil yang mungkin bisa berefek besar untuk kemajuan negeri kita.

Setiap ada pemimpin baru yang selalu diajukan pertama kali adalah kenaikan gaji. Kenapa kita harus menunggu dinaikkan? Kenapa tidak memulai sendiri untuk menaikkan penghasilan?

Kecintaan dan kesadaran terhadap negeri sendiri untuk melakukan hal baru yang positif, itu yang dibutuhkan negeri ini. Mulai dari hal kecil seperti membuang sampat di tempat sampah yang telah disediakan akan membantu mengurangi resiko banjir yang tiap tahun melanda.

Setiap tahun selalu minta naik gaji dan setiap tahun pula pengeluaran bertambah. Come on, we leave our comfort zone. Keluar dari zona nyaman atau malas untuk memulai suatu hal yang baru.

Negara maju adalah negara yang 60% penduduknya berbisnis. Kita bisa bekerja tim dengan teman-teman untuk memulai berbisnis. Berbisnis tidak harus konvensional seperti membuka toko, kita bisa mencari peluang usaha di beberapa perusahaan dengan modal yang terjangkau. Usaha kita mungkin baru dan masih banyak yang harus dikembangkan. Tapi kita akan merasakan perubahan dari kepribadian dan financial kita. Bila kita mampu memimpin diri sendiri untuk menjadi seorang yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain bisa memberi pengaruh positif terhadap lingkungan sekitar kita. Sedikit tindakan kita bisa menjadi motivasi orang lain untuk menciptakan inovasi baru. Dan bayangkan apabila pemuda-pemuda Indonesia terus menciptakan inovasi baru, selain membantu ekonomi pribadi, kita turut membantu ekonomi Negara. Di saat ekonomi rakyat sudah maju, bantuan yang diberikan mungkin akan semakin kecil dan itu akan membuat petinggi negara berpikir dua kali untuk korupsi. Kita bisa menangkap koruptor dengan potensi yang kita miliki untuk membangun ekonomi yang lebih baik sesuai yang kita harapkan. Persaingan positif dalam bidang kemajuan pangan, pendidikan, ekonomi dan teknologi tidak hanya terjadi antar negara saja. Sebagai penduduk kita bisa turut andil dalam persaingan tersebut. Persaingan antar warga negara yang sehat bisa memicu setiap orang untuk melakukan lebih baik dari yang lain. Tanyakan pada diri sendiri apa yang bisa kita berikan untuk negeri ini?

Apabila sangat tertarik dengan dunia olahraga, tidak ada salahnya membangun komunitas sehat dan membuka kesempatan kepada siapa saja untuk bergabung. Negara yang maju memiliki penduduk yang sehat jiwa, raga dan pikirannya agar bisa berkontribusi untuk negeri. Dan sekarang negara kita ini sedang dalam proses menuju kemajuan.

Selama yang kita lakukan positif teruslah berjalan. Jangan melihat hasil sekarang. Tataplah masa depan dengan penuh gemilang. Sedikit tindakan positif kita untuk diri sendiri suatu saat secara tidak langsung mungkin akan berpengaruh besar pada kemajuan Indonesia.

Negeri ini butuh jiwa muda yang melakukan perubahan bukan hanya sebagai penuntut. Jadilah warga yang tidak terus menuntut pada pemerintah! Kita hanya boleh menuntut perubahan yang lebih baik pada tindakan positif yang kita lakukan. Jika bukan kita yang memperbaiki negeri ini, lalu siapa lagi?

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
3 tips untuk mengenali potensi dirimu agar mimpimu bisa terwujud.
by anitanisa
Self Developments

Mengenali dan Memaksimalkan Potensi Diri
Image Credit by andrea
62.825
0
0
 
 

COMMENTS

1 Comments
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Dn_Ans_Hoki
13 July 2014
cekidot juga yg ini yuuuk:
http://www.arthinkle.com/articles/detail/menikmati-hidup-dengan-mendewasa-yuuuk
dan jika berkenan tinggalin Like yo :)
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To