PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


Inke_zhu
Inke_zhu
Member since:
July 2013
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

Asal Mula White Coffe

Published : 4 September 2014
|
4.700
0
0
|
Para penikmat coffe tentu tidak asing lagi dengan keberadaan white coffe yang mulai bersandingan dengan variasi kopi lainnya. Masyarakat di Indonesia beberapa tahun terakhir dimanjakan dengan produk white coffee yang diakui oleh produsennya sebagai kopi sehat, tidak menyebabkan nyeri lambung. Cita rasanya pun unik, tidak pekat seperti kopi hitam, sehingga sangat disukai oleh pecinta kopi yang masih pemula. Sejak digagas oleh salah satu merk kopi bergengsi, produsen lainnya beramai-ramai ikut memproduksi kopi putih ini. Dalam berbagai iklan TV bisa kita lihat para artis yang memegang bungkus kopi instant berwarna putih.

Sebenarnya, seperti apa asal-usul dan proses pembuatan white coffee tersebut? Apakah memang benar berasal dari biji kopi putih?

White coffee pertama kali ada di Malaysia. Formula white coffee ditemukan oleh imigran asal Cina yang bernama Wong Poh Ting dan Wong Poh Chew. Mereka memiliki coffee shop bernama Sin Yoon Loong. Di tempat inilah mereka memasarkan kopi unik dari biji kopi yang berwarna putih.
Image Credit By tarts-and-pies.blogspot.com
Sin Yoon Loong berdiri sejak tahun 1937. Wong Poh bersaudara awalnya adalah chef untuk para tentara Inggris di Malaysia kala itu. Mereka lalu memutuskan untuk membuka kedai kopi di kota tua Ipoh. Didirikan sejak zaman penjajahan tidak membuat bisnis kedai kopi ini surut. Bahkan, pengelolanya, melalui situs resminya, www.mycofe.com, berani mengklaim bahwa Ipoh White Coffee yang diproduksi Sin Yoon Loong adalah salah satu kopi bertaraf internasional.

Lalu bagaimana membuatnya?

Dipastikan kopi yang digunakan adalah kopi biasa pada umumnya, robusta atau Arabica. Berdasarkan beberapa sumber lain, salah satu produsen kopi tertua di dunia ini ternyata membuat biji kopi berwarna putih dengan cara memberi margarine saat proses sangrai. Proses sangrai pun tidak berlangsung lama, sehingga tidak gosong dan berwarna hitam. Jadi, jangan lagi ada yang membayangkan kopi alami yang berwarna putih, ya.
Image Credit By tgifmag.com
Berbeda dengan cara membuat di negeri asalnya, Malaysia, white coffee yang ada di Indonesia berwarna putih karena memiliki banyak kandungan creamer dan gula buatan. Dalam situs www.ehow.com dijelaskan bahwa white coffee diberi unsur pewarna makanan selama proses sangrai, sehingga warnanya lebih pucat. Karena disangrai hanya sebentar, maka rasanya pun tidak terlalu pahit, bahkan cenderung seperti kacang. Biji kopi ini juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dihaluskan karena masih mentah dan lebih keras.

Proses pembuatan white coffee ini juga dibenarkan oleh produsen kopi termuka, Nescafe. Melalui situsnya, www.nescafe.com, produsen anak buah Nestle ini menjawab pertanyaan masyarakat yang heran dengan keberadaan biji kopi putih. Dijelaskan bahwa biji kopi berwarna putih karena diberi pewarna. Sedangkan cara lain untuk membuat kopi berwarna putih adalah dengan tambahan susu dan creamer. Itulah mengapa warnanya setelah diseduh tidak berbeda dengan kopi instan 3 in 1 lainnya.

Bagaimana kandungan gizi white coffee?

Sebenarnya justru kopi itu disangrai dalam waktu lama untuk menghilangkan kandungan kafein. White coffee yang disangrai dalam waktu relatif singkat memiliki kandungan kafein lebih tinggi. Jadi, white coffee ini malah lebih cocok untuk orang yang butuh kafein lebih banyak. Dari sumber yang sama, diperoleh informasi bahwa white coffee ini sebenarnya justru lebih asam, karena disangrai hanya sebentar. Kalaupun rasanya manis, itu karena tambahan creamer dan margarine.

Dari pengecekan berbagi situs gizi, diketahui bahwa white coffee memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Ada juga yang mengatakan bahwa white coffee ini tanpa gula dan kolesterol. Tetapi, beberapa merk menunjukkan bahwa mereka tetap menggunakan gula. Kandungan lainnya adalah lemak, kolesterol, dan sodium. 


Cover picture courtesy of  warungantigalau.blogspot.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena berefek buruk bagi kesehatan.
by Yuanata
Health

Kombinasi Makanan Yang Seharusnya Tidak Dikonsumsi
Image Credit by Yuanata
83.621
0
1
 
3 tips diet yang dilakukan oleh artis Hollywood.
by NadiaHima
Health

Tren Diet Ala Seleb Hollywood
Image Credit by NadiaHima
82.644
0
0
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To