PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


christa
christa
Member since:
July 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

Awas! Dia Koleris

Published : 2 September 2014
|
7.732
0
0
|
Kenapa ada kata ‘awas’ pada judul di atas? Tidak lain karena—ups, maaf—koleris adalah tipe orang yang money oriented. Tapi sebaiknya jangan langsung berburuk sangka pada kepribadian yang satu ini. Tidak ada salahnya kan menganggap uang itu sangat penting? Di zaman yang semakin modern, kita semua butuh uang. Dan para koleris inilah yang sangat bersemangat dengan topik keuangan, seperti investasi, saham, bursa mata uang dan hal-hal keuangan lainnya. Sebenarnya, seperti apa sih orang berkepribadian koleris itu?

Kepribadian koleris cenderung dikendalikan oleh hormon testosterone. Jadi, kepribadian ini memang lebih banyak ditemukan pada pria. Meskipun terkesan matre, mereka ini justru senang mengembangkan bisnis yang bermanfaat bagi orang lain, misalnya industri rumah tangga yang menyerap banyak tenaga kerja. Mereka memang dikenal cukup tekun bekerja, karena bekerja itu menyenangkan?
Image Credit By dinkes.sumbarprov.co.id
Bagi yang hobi kerja, mungkin termasuk tipe kepribadian koleris. Agar lebih pasti, coba simak ciri-cirinya berikut ini :
1. Mengutamakan diri sendiri dan jarang merasa malu
2. Akan langsung mengutarakan pendapatnya, bahkan akan terus melakukannya sampai didengar atau diterima orang lain
3. Senang berargumentasi dan mempersuasi
4. Tidak sabar, impulsive (menuruti kata hati), bersedia terjun di antara orang-orang yang menentang pemikirannya
5. Percaya diri, cenderung senang mengejar kesuksesan
6. Senang menunjukkan ide dan inisiatifnya, memiliki semangat ceria, jarang menjadi moody, sehingga sesuai jika dijadikan team leader
7. Sangat sensitiv, mudah tersinggung, akan bereaksi keras dengan menyalahkan orang lain
8. Jarang merasa khawatir atau gelisah
9. Cenderung sangat gigih atau tekun, tidak akan melepaskan sesuatu sebelum ia berhasil
10. Emosinya tidak terlihat atau tidak diekspresikan, kecuali jika sedang marah
11. Sekilas ia akan tampak sombong, munafik, tidak jujur dan berpura-pura

Selalu ada kelebihan dan keunggulan di setiap kepribadian. Tipe kepribadian koleris biasanya memiliki otak kiri yang sangat aktif. Artinya, mereka bisa mengerjakan dan menyelesaikan masalah secara sistematis. Para koleris sangat menyukai sains seperti matematika dan kimia. Mereka memang sangat logis. Mereka juga menyukai olahraga seperti sepak bola. Dalam dunia kerja, mereka super professional. Mereka punya ambisi untuk mencapai tujuan dan bisa sangat fokus.

Bagaimana dengan para wanita koleris? Memang sangat jarang ditemukan perempuan dengan kepribadian koleris. Kalaupun ada, mereka pastilah cukup populer karena memiliki cara pandang yang sangat berbeda dengan perempuan pada umumnya. Dalam berhubungan dengan pasangan, mereka juga tidak akan melakukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan wanita pada umumnya.

Karena memiliki daya analisa dan logika yang tinggi, pria maupun wanita koleris sangat diandalkan untuk memecahkan suatu masalah. Para koleris tidak mudah percaya pada orang lain, sehingga harus membuktikannya sendiri. Sebagai orang-orang yang pragmatis, mereka bisa berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Mereka juga tidak kesulitan ketika dihadapkan pada banyak pilihan.

Setelah semua kelebihan disebutkan, mari kita lihat lebih dalam ke sisi negatifnya. Meski mereka ini berpikir dengan sistematis, bisa mengambil keputusan dengan cepat dan sangat solutif, ternyata mereka belum mahir menyelesaikan masalah personal dan relationshipnya. Tentu saja, dalam masalah ini kita harus lebih banyak memahami perasaan, bukan hitung-menghitung. Salah satu sebab masalah relationship adalah tipe ini selalu tampak sok sibuk. Mereka tidak bisa diganggu saat sedang fokus bekerja. Sebenarnya bukan karena mereka membenci orang lain yang mengajaknya ngobrol. Mereka memang tidak bisa diganggu kalau sudah konsentrasi. Memang begitulah karakternya.

Sebab lainnya sehingga mereka mengalami masalah personal adalah kata-katanya yang terlalu langsung dan tanpa basa-basi. Tidak seperti melankolis yang senang bertutur kata sopan, orang koleris justru bertanya-tanya, “Buat apa sikap sopan yang berlebihan itu?” Jadi, kalaupun mereka bersikap sopan pada orang tua, ya sikap itu hanya sekenanya saja. Sebatas yang menurut mereka benar dan wajar. Kalau disuruh bersikap lebih sopan, mereka malah bisa marah.

Tidak seperti tipe sanguin dan plegmatis yang senang ngobrol dan mengutarakan semua rencananya, orang koleris justru akan lebih banyak diam. Mereka lebih suka beraksi dengan prestasi yang nyata. Jadi, mereka punya piala dan banyak prestasi, tanpa perlu gembar-gembor. Mereka memang terlihat hambar dan membosankan, padahal sebenarnya memiliki banyak sisi seru.

Kunci kesuksesan para koleris adalah karakter tidak mudah puas diri dan mengusahakan yang terbaik. Mereka memang terlihat sulit dipahami tapi bila kita berusaha mengerti tentang dirinya, akan sangat seru berteman dengan seorang koleris.

Baca juga http://www.arthinkle.com/articles/detail/hati-hati-jatuh-hati-pada-si-koleris.




Cover picture courtesy of  arti-psikologi.blogspot.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To