PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


christa
christa
Member since:
July 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

Badan Sehat Dengan Makan Sayur

Published : 2 July 2015
|
77.941
0
0
|
Sayur sudah lama dikenal dengan makanan yang kaya akan vitamin, mineral dan serat. Sehingga sangat baik bila dikonsumsi setiap hari. Namun sekarang ini, masih banyak orang yang tidak mau mengkonsumsi sayur dan lebih memilih makanan yang mengandung lemak tinggi. Apalagi bila aktivitasnya sangat sibuk, terkadang hanya makan makanan cepat saji atau junk food yang rendah nutrisinya. Makanan berlemak memang enak tapi tidak baik bagi kesehatan tubuh bila dimakan hampir tiap hari.

Maka dari itu, kebiasaan makan sayur perlu kita tanamkan sejak dini pada anak-anak. Kalau di usia anak-anak sudah paham akan pentingnya makan sayur, tentu saat remaja dan dewasa bisa menghindari makanan rendah gizi dan seratnya. Nah, buat yang sudah dewasa tapi masih susah makan sayur, coba simak manfaat sayur berikut ini :

1. Terhindar dari penyakit

Image Credit By ibuhamilmenyusui.com
Sayur mengandung karotenoid, betakaroten, alfakaroten dan lutein yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan mengurangi resiko penyakit kanker. Selain itu, juga berfungsi untuk menjaga konsentrasi lemak darah. Sehingga terhindar dari penyakit hipertensi, kolesterol, diabetes, kardiovaskuler dan penyakit lain yang disebabkan oleh makanan tinggi lemak dan mengandung pengawet. Dengan terhindar dari penyakit, maka harapan untuk hidup pun akan lebih lama.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Bagi yang tinggal di daerah perkotaan tentu memiliki tingkat polusi yang lebih tinggi dibanding pedesaan. Dan kadar oksigennya pun sudah bercampur dengan zat-zat lain. Hal ini bisa menghambat jalannya sirkulasi darah, yang membawa sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh organ tubuh. Maka dari itu sayur diperlukan untuk pemurnian darah dan vitaminnya berfungsi mengeluarkan toksin di dalam tubuh. Sehingga sirkulasi darah berjalan lancar.

Image Credit By www.awandragon.com
3. Sebagai antioksidan

Kandungan vitamin dalam sayur berperan sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas . Oksidan yaitu zat-zat yang bisa melemahkan kondisi tubuh sehingga bisa terserang penyakit, seperti flu, batuk, kanker, hipertensi. Bayam dan brokoli merupakan sayuran hijau yang tinggi antioksidannya. Zat antioksidan juga bisa membuat kita lebih awet muda, segar dan enerjik.

4. Melancarkan buang air besar

Makan makanan rendah serat, bisa menyebabkan konstipasi atau susah buang air besar. Serat dalam sayur akan membantu proses metabolisme berjalan dengan lancar. Sehingga terhindar dari konstipasi, wasir dan kanker usus besar. 

5. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium berfungsi untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Dengan tulang yang sehat tentu kita bisa beraktivitas dengan baik. Banyak orang mengalami pengeroposan tulang saat usianya sudah tua, bisa jadi di masa mudanya kurang mengkonsumsi sayur. Untuk mendapatkan kalsium sebenarnya tidak hanya pada susu saja. Tapi sayur juga banyak mengandung kalsium, seperti bayam, brokoli dan wortel.
Image Credit By yusrilfikria1206.blogspot.com
6. Membantu program diet

Diet bukan berarti tidak makan atau hanya makan sehari sekali. Diet yang sehat adalah dengan mengurangi porsi nasi atau jumlah karbohidrat, dan menggantinya dengan sayur atau buah. Kita juga bisa mengkonsumsinya dengan cara di jus atau dijadikan camilan untuk menghindari snack berkalori tinggi. Dengan konsumsi sayur, berat badan akan lebih terkontrol, sehingga berat badan ideal bisa tercapai.
Image Credit By kianpipil.com
7. Sebagai perawatan kulit

Kandungan Vitamin A, C, E dan B kompleks dalam sayur sangat dibutuhkan oleh sel kulit kita untuk beregenerasi agar jaringan kulitnya tetap sehat dan terlihat cerah. Di atas tadi juga sudah disebutkan banhwa makanan berlemak menimbulkan berbagai macam penyakit. Hal itu juga akan mempengaruhi kondisi kulit kita, menjadi pucat, kusam dan lemah. Maka dari itu agar kulit selalu tampak cerah dan awet muda harus biasakan makan sayur.
Image Credit By www.girlsallaround.com
8. Nutrisi lengkap bagi ibu hamil

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa makan sayur pada saat hamil akan membantu mengenalkan dan melatih konsumsi sayur semenjak dalam kandungan. Kandungan vitamin, mineral dan seratnya membantu janin agar tetap sehat dan kebutuhan nutrisinya tercukupi. Ada juga yang menyebutkan bahwa rajin mengkonsumsi sayur mempermudah proses melahirkan nantinya.
Image Credit By alodokter.com
Sudah jelas bukan kalau makan sayur sangat penting? Walaupun harganya murah tapi kandungan gizinya banyak dan membuat tubuh lebih sehat. Mulai sekarang, biasakan makan sayur ya...! smiley



Cover picture courtesy of www.bundasehat.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena berefek buruk bagi kesehatan.
by Yuanata
Health

Kombinasi Makanan Yang Seharusnya Tidak Dikonsumsi
Image Credit by Yuanata
83.621
0
1
 
3 tips diet yang dilakukan oleh artis Hollywood.
by NadiaHima
Health

Tren Diet Ala Seleb Hollywood
Image Credit by NadiaHima
82.644
0
0
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To