PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


babyologist
babyologist
Member since:
November 2017
Member Level :
Member 1

Bagaimana Agar Anak Suka Membaca

Published : 14 December 2017
|
278
0
0
|
Saya senang karena di usia Gavin sekarang yaitu 14 bulan, Gavin suka dengan buku dan suka membaca, karena saya pun suka sekali dengan buku. Gavin sekarang sudah lancar bolak-balik buku, lalu bisa ambil buku dan minta dibacain. Nah, gimana yah caranya membiasakan supaya anak suka membaca? 
Image Credit By babyologist.com
  • Mulailah membacakan buku untuk anak sejak ia berusia 3 bulan 
Saya mulai membeli buku pertama untuk Gavin dan membacakannya sejak Gavin berusia 3 bulan. Saat itu  Gavin masih belum bisa tengkurap yah, jadi saya ikut tiduran bersamanya, sambil membuka-buka buku untuk ia lihat dan membacakannya. Buku-buku yang saya beli berbahasa Inggris, jadi saya bacakan per kalimat dalam bahasa Inggris lalu saya terjemahkan dalam bahasa Indonesia juga (bahasa sehari-hari kami) per kalimat tersebut. Gavin sangat tertarik melihat gambar-gambar yang ada dalam setiap buku. 
  • Rutin membacakan buku untuk anak
Saya beli sekitar 5 buah buku saat itu dan dibacakan bergantian setiap hari. Bayi seusia 3 bulan memang kelihatannya belum mengerti, tapi sebenarnya apa yang kita bacakan akan terekam dalam memori mereka. Jadi bagi saya, ini adalah semacam investasi untuk jangka panjang. Kalau memang tidak sempat untuk membacakan setiap hari gapapa, tapi buatlah hal ini menjadi rutinitas, misalnya 3 kali seminggu, atau setiap weekend, sehingga hal ini akan menjadi habit nantinya. 
  • Gunakan soundbook agar lebih menarik 
Saat Gavin sudah mulai bisa merangkak, dia mulai kelihatan bosan dengan buku dan lebih tertarik untuk eksplor sekelilingnya. Setiap saya kasih lihat buku, dia kabur. Baru dibacain 1-2 halaman, langsung bosan. Maka saya mulai membeli Soundbook. Dengan adanya suara-suara dan musik, Gavin lebih tertarik untuk memperhatikan. Lama-lama, Gavin kembali suka dengan buku, meskipun bukan Soundbook.
  • Konsisten 
Setiap hari saya pasti selalu keluarkan beberapa judul buku untuk Gavin. Entah apakah Gavin mau lihat atau tidak, mau dibacain atau tidak, saya tetap konsisten kasih buku di depan matanya dan kemudian tiap malam saya bacakan, meskipun dia tidak benar-benar memperhatikan. Jadi saya seperti ngomong atau cerita sendiri saja. Dan seperti halnya saya bilang bahwa ini adalah investasi, saat Gavin semakin gede dan mulai mengerti, dia pun otomatis jadi suka melihat dan membolak-balik buku sendirian.

Bagi Mommies yang baru sekarang ingin membentuk habit membaca bagi anaknya, menurut saya tidak pernah ada kata terlambat. Moms bisa mulai dengan memperkenalkan Soundbook pada mereka, lalu bacakan saja isi bukunya meskipun anak kelihatannya tidak tertarik. Kalau dilakukan dengan rutin, niscaya lama-kelamaan akan menjadi habit. Selamat membaca, Mommies.

By: Valent Cindy

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
Anak adalah cerminan orang tua, maka dari itu orang tua bertanggung jawab penuh dalam mendidik anak untuk masa depannya nanti.
by Inke_zhu
Relationship

10 hal yang harus diajarkan ke anak sejak kecil
Image Credit by Inke_zhu
57.005
0
3
 
Berikut ada 6 hal yang tidak seharusnya diungkapkan kepada anak kita
by irwanrosali
Relationship

Jangan Ungkapkan 6 Hal Ini Kepada Anak Kita
Image Credit by sadityavarna
52.048
0
0
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To