PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


Inke_zhu
Inke_zhu
Member since:
July 2013
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

Bahan Makanan Pengganti Susu Sapi

Published : 26 September 2014
|
869
0
0
|
Susu dikenal mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan kalsium, protein, dan vitamin D yang sangat tinggi membuat susu menjadi salah satu sumber gizi yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Salah satu jenis susu yang paling banyak diminum adalah susu sapi. Sayangnya, tidak semua orang bisa minum susu sapi, karena alergi, vegetarian, atau alasan lainnya.

Bagi yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi, berikut ini daftar bahan makanan dan minuman alternatif pengganti susu sapi :

1. Susu Kambing

Image Credit By jagomilk.com
Rasanya sedikit lebih kental dan beraroma kambing. Tetapi, susu kambing adalah juaranya sumber nutrisi untuk kesehatan tulang dan otot. Satu cangkir (200 ml) saja mengandung kalsium 9% lebih banyak daripada susu sapi, 30% tambahan potassium, dan 39% fosfor. Potassium penting untuk menjaga daya tahan dan kesehatan fungsi otot dan jantung. Sementara, fosfor adalah zat yang sangat penting untuk menguatkan tulang. Tetapi, susu kambing mengandung laktosa yang lebih sedikit dibandingkan susu sapi. Kandungan lemak dan kalorinya juga lebih banyak, hampir 80% lebih tinggi dari susu sapi. Jadi, susu kambing tidak disarankan untuk yang mempunyai kadar kolesterol tinggi.

2. Susu kacang almond

Image Credit By dinomarket.com
Rasanya agak tawar, tapi tetap dengan rasa kacang. Selain dipakai untuk cemilan biasa, almond biasanya juga diolah menjadi susu pengganti susu sapi. Beberapa orang yang alergi laktosa biasanya mengonsumsi susu almond. Secangkir susu almond tanpa gula hanya mengandung 40 kalori dan tidak mengandung lemak jenuh maupun kolesterol. Almond mengandung 50% vitamin E lebih banyak daripada susu sapi, sehingga sangat baik untuk kulit dan cocok untuk yang sedang diet. Vitamin E dalam almond juga berkhasiat untuk melawan sel-sel kanker. Almond juga sangat baik untuk jantung karena melindungi sel-sel dari radikal bebas.

Susu almond jelas tidak sama dengan kacang almond utuh. Kacang almond lebih banyak mengandung kalsium, protein, dan nutrisi kacang lainnya. Tapi, ingat! Berhati-hatilah dengan roasted almond dan susu almond yang diberi tambahan pemanis ataupun bumbu. Pastikan kita mengonsumsi yang masih murni.

3. Rami

Image Credit By modelindo.wordpress.com
Rami adalah salah satu jenis tumbuhan cannabis selain ganja. Berbeda dengan ganja yang sering disalahgunakan, rami banyak diproduksi sebagai susu dan dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi. Susu rami terbuat dari biji rami yang dihaluskan, dicampur dengan air, lalu disaring. Susu rami bebas dari kolesterol maupun lemak jenuh. Susu rami bisa didapatkan di beberapa supermarket besar. Minuman ini merupakan favorit para vegetarian karena mencegah inflamasi. Susu rami kaya akan kandungan omega 3 yang berperan mencegah penyakit jantung dan menjaga fungsi otak. 64% dari secangkir susu rami mengandung nutrisi yang cukup untuk sehari. Ditambah lagi, susu ini mengandung 48% kebutuhan riboflavin harian. Riboflavin adalah vitamin B yang melindungi sel syaraf tubuh.
Jumlah protein dalam biji rami bervariasi, bisa tergantung pada produsennya. Susu jenis ini sangat bermanfaat jika bayi alergi pada susu sapi maupun susu kedelai. Tetapi, susu biji rami memiliki kandungan lemak yang tinggi. maksimal, konsumsi susu ini 2 cangkir per hari.

4. Beras

Image Credit By maesbrasileiras.com.br
Susu juga bisa digantikan oleh beras. Beras adalah alternatif bagi yang alergi pada susu sapi, kedelai, rami, maupun kacang-kacangan lainnya. Beras mengandung 2 gram lemak per 200 ml dan sama sekali tidak mengandung lemak jenuh maupun kolesterol. Selain itu, beras merupakan sumber vitamin B12 yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Tetapi, beras mengandung karbohidrat yang tinggi, dengan kandungan kalori yang banyak. Kalorinya 2 kali lipat lebih tinggi daripada susu sapi. Tidak masalah jika kita banyak beraktivitas dan menggerakkan badan. Tapi, jika pekerjaan kita adalah duduk sepanjang hari di depan meja kasir atau komputer, sebaiknya kurangi konsumsi nasi maupun produk beras lainnya.

5. Susu kedelai

Image Credit By www.anneahira.com
Susu kedelai adalah jenis yang paling banyak dan paling mudah ditemukan di sekitar kita. Susu kedelai kaya akan kandungan protein. Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa susu ini bisa digunakan sebagai pengganti susu sapi pada masakan kue. Kedelai sendiri mengandung rasa yang sangat berbeda dari susu sapi. Pastikan kita sudah mengetahui rasanya sebelum mencampurkannya dengan sereal atau makanan lainnya.
 
Untuk meningkatkan jumlah kalsium, kita tidak harus mengonsumsi susu sapi. Masih banyak lagi alternatif lainnya, seperti susu kuda, susu kerbau, dan oat milk. Sebelum mengonsumsi semua itu, pastikan kita memahami seberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.


Cover picture courtesy of intisari-online.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena berefek buruk bagi kesehatan.
by Yuanata
Health

Kombinasi Makanan Yang Seharusnya Tidak Dikonsumsi
Image Credit by Yuanata
83.571
0
1
 
3 tips diet yang dilakukan oleh artis Hollywood.
by NadiaHima
Health

Tren Diet Ala Seleb Hollywood
Image Credit by NadiaHima
82.602
0
0
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To