PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


johnyg
johnyg
Member since:
March 2014
Member Level :
Member 1

Belajar Investasi Untuk Membuat Bisnis

Published : 27 February 2015
|
88.169
0
0
|
Seperti yang kita lihat belakangan ini, bahwa banyak sekali orang yang ingin membuka sebuah bisnis. Dari bisnis kecil-kecilan sampai yang menghasilkan untung besar. Perlu diketahui bahwa berbisnis membutuhkan jauh lebih banyak knowledge, skill and character dibandingkan bermain investasi.

Tahukah bahwa 90% bisnis gagal dalam 5 tahun pertama? Bahkan harus menanggung kerugian yang sangat banyak. Tapi bukan berarti hal itu menyurutkan langkah kita untuk berbisnis. Kita harus benar-benar menetapkan sebuah tujuan yang jelas, bukan hanya untuk mendapatkan uang semata. Kalau hanya untuk mendapatkan uang,  masih banyak cara yang lebih mudah dan sederhana, seperti investasi. Investasi bisa kita mulai sekarang dengan memilih produk yang tepat untuk kita, sedangkan bisnis perlu banyak persiapan karena resikonya jauh lebih besar.
"Money follows Excellence, it's very hard to be Excellent for a long time if the motivation is just money."
- JohnyG -
Apabila tujuan berbisnis hanya sekedar making money, saat ada bisnis yang lebih trend, kita akan pindah ke bisnis tersebut. Dan begitu seterusnya, sehingga tidak ada bisnis yang benar-benar dijalankan secara sungguh-sungguh. Perlu motivasi yang sangat besar untuk berhasil di bisnis, dan motivasi untuk uang tidak akan cukup. Karena uang akan mengikuti keunggulan, dan sangat berat menjadi unggul apabila motivasinya hanya uang.

Image Credit By www.successstory.com
Sebagai contoh adalah Facebook, yang merupakan media sosial terbesar yang dikenal oleh masyarakat. Apa motivasi Mark  Zuckerberg mendirikan Facebook? Apakah uang? Apa hanya sekedar hobi? Atau sesuatu yang dibutuhkan orang banyak?

Facebook awalnya dibuat hanya sebagai media pertukaran informasi antar civitas akademika di Harvard University. Tapi seiring berjalannya waktu, Facebook mulai merambah ke berbagai kampus di Amerika Serikat dan Kanada. Sampai pada pertengahan tahun 2004, sebuah perusahaan berani menanamkan investasinya di Facebook dan mulai diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya. Hingga sekarang, kita mengenal Facebook untuk saling berkomunikasi dengan keluarga atau teman yang jarang bertemu. Selain itu untuk menambah relasi pertemanan kita dengan orang lain.

Dengan membuat visi yang mengedepankan kebutuhan orang lain, maka kita akan mengesampingkan uang sebagai fokus utama. Dan pada akhirnya akan muncul berbagai strategi dan peluang baru agar bisnis kita semakin dikenal oleh banyak orang. Dengan begitu, uang yang akan menghampiri kita dan menarik bisnis kita semakin maju.
"Learn to invest, makes more money without hassle."
- JohnyG -
Lalu bagaimana bila kita memulainya dengan berinvestasi, kemudian baru membuka bisnis? Learn to invest, learn to be an investor. Saat kita mengerti tentang investasi, kita mengerti bagaimana menjadi investor. Dan sebagai investor,  banyak pilihan perusahaan bagus untuk diinvestasikan. Tapi sebelumnya, kita harus belajar membedakan  perusahaan bagus dan perusahaan yang biasa saja. Serta pastikan perusahaannya aman dan menguntungkan. Dengan begitu, kita akan lebih jelas apa yang diperlukan untuk membangun usaha supaya menjadi usaha yang memiliki profit yang lebih bagus. Perusahaan bagus adalah perusahaan yang bisa menarik investor untuk berinvestasi. Bila perusahaannya bagus, maka uang akan aman dan kembali.

Seorang investor membuat uang bekerja untuk dia, sedangkan pebisnis membuat sistem dan orang bekerja untuk dia. Sehingga kerja seorang investor lebih sedikit dibandingkan seorang pebisnis. Kelebihan seorang pebisnis adalah mampu berinovasi menciptakan produk, jasa atau solusi yang sebelumnya tidak ada menjadi ada.
"Entrepreneur can change the world with their innovation but investor make money work to them."
- JohnyG -
Tidak ada masalah, ingin menjadi seorang pebisnis maupun investor. Karena semuanya mengandung resiko yang berbeda kadarnya. Tapi tentukan tujuan, perencanaan dan sasaran yang tepat untuk memperkenalkan bisnis kita. Bila kita tidak mampu mengambil resikonya, maka cobalah untuk berinvestasi. Dan tunggu waktu yang tepat untuk mulai membuka usaha.


Cover picture courtesy of ekonomi.kompasiana.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

Kapan seseorang disebut sebagai leader dan hal-hal apa saja yang harus dipahami?
by Tondowidjojo
Business

Introduksi Leadership
Image Credit by Tondowidjojo
190.522
0
1
 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To