PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


Angga_lim
Angga_lim
Member since:
July 2013
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

Belajar Leadership dari Keluarga Branson

Published : 10 November 2014
|
93.779
0
1
|
Keluarga merupakan lingkungan terdekat sejak semasa kita kecil. Seperti kata pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.” Begitu juga kita. Meski lingkungan pergaulan dan masyarakat sekitar juga memberikan pengaruh yang kuat pada jati diri kita sekarang, tetapi penanaman nilai-nilai dimulai dan dilakukan dari lingkungan kecil ini. Hal-hal yang dikatakan orang tua akan membentuk pola pikir yang kita jadikan prinsip dalam hidup.

Seperti pengalaman yang dimiliki oleh Richard Branson. Sejak kecil, pengusaha kaya dan penulis buku The Virgin Way ini diasuh oleh ibunya, Eve Huntley Branson. Eve telah mengalami banyak suka-duka yang kemudian menjadi modal putranya tersebut dalam menjalani hidup. Wanita yang telah berpetualang sejak berusia 21 ini memberikan banyak sekali inspirasi, terutama dalam hal leadership.
Image Credit By www.wikitree.us
"My mother was determined to make us independent. When I was four years old, she stopped the car a few miles from our house and made me find my own way home across the fields. I got hopelessly lost."
- Richard Branson -
Eve adalah wanita tangguh. Dia melakukan hampir semua hal sendiri. Dia merancang sendiri barang yang akan diproduksi, berdiskusi dan menawarkan barang, dan mengatur distribusi barangnya. Jika ada barang yang laku, Ia akan bersyukur. Tapi jika barang tersebut tidak laku, Ia akan belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Ia seorang wanita yang visioner sekaligus pekerja keras. Meski sempat menggadaikan rumah beberapa kali, toh Iia tidak terpuruk. Mimpi-mimpinya besar dan menakjubkan. Lebih menakjubkan lagi karena Ia berhasil mewujudkannya.

Seperti ketika beberapa waktu lalu ia memiliki keinginan untuk membuat yayasan amal sebagai bentuk kepeduliannya pada masyarakat kelas bawah. Tidak tanggung-tanggung, Ia menyasar Maroko sebagai target donasinya. Bahkan Richard sempat meremehkan dan meragukan niat ibunya ini. Tapi apa yang terjadi? Eve berhasil membantu para gadis Maroko yang putus sekolah, membuat hidup mereka menjadi lebih baik. Ia mengajarkan bagaimana membuat suatu produk dan menjualnya, sehingga para gadis yang hanya bersekolah sampai SMP ini tidak putus harapan akan hidupnya. Selain itu, Ia berhasil membuktikan pada Richard bahwa niat yang baik dan kesungguhan selalu menemukan jalan untuk berhasil.
Apa yang bisa dipelajari dari Eve Branson tentang leadership?

1. Kita adalah pemimpin untuk hidup kita sendiri

Apakah kita bahagia atau tidak, sukses atau tidak, semuanya bergantung pada diri kita sendiri. Tidak ada orang yang tiba-tiba sukses tanpa melakukan hal-hal bermakna dalam hidupnya. Jadi, jika kita menginginkan sesuatu, wujudkanlah.

2. Boleh gagal, tapi harus belajar dari kegagalan tersebut

Eve Branson bukanlah pengusaha yang tidak pernah gagal. Ia sering mengalami kegagalan dalam bisnis. Tapi Ia juga belajar banyak dari kegagalan tersebut. Sering kita mendapat nasihat bahwa kegagalan adalah hal yang wajar. Nasihat ini jangan serta merta membuat kita terlena dan mengizinkan kegagalan terus datang.

3. Jangan jadi orang cengeng

Karena apapun yang terjadi, hidupmu harus berlanjut. Waktu terus berjalan. Berlama-lama meratapi kesedihan justru membuat kita semakin terpuruk dan tertinggal. Jangan menangis secara berlebihan. Sadari apa yang sedang terjadi, dan segeralah bangkit.

4. Kerja keras adalah kunci kesuksesan

Kesuksesan tidak pernah lahir dari orang yang kerjanya biasa-biasa saja. Jika kita ingin berhasil, kita harus lebih baik, lebih bekerja keras dan lebih tekun.

5. Hiduplah tanpa penyesalan

Jangan menoleh ke belakang. Jika gagal, kita tidak boleh menyesali kegagalan tersebut, tetapi harus terus maju ke langkah selanjutnya.

6. Utamakan orang lain di sekitarmu

Dalam bekerja, utamanya menjual barang pada orang lain, kita harus mengutamakan mereka. Dengan mengutamakan orang lain, kita akan memprioritaskan kepuasan pelanggan, dan hasilnya akan kembali pada kita.
Image Credit By www.wikitree.us
7. Tetap rendah hati

Eve selalu menasihati Richard agar ‘tidak terbang terlalu tinggi’. Apapun yang sudah dicapai, kita tetaplah manusia yang membutuhkan orang lain, jadi jangan merasa lebih unggul atau hebat.

8. Setiap hari adalah kesempatan baru

Setiap hari adalah waktu dan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Sekali kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik, maka kita sudah membuang banyak kesempatan. Meski sudah tua, Eve tetap memanfaatkan waktunya untuk bekerja keras.
Image Credit By www.virgin.com
Richard Branson selalu mengambil banyak pelajaran berharga dari ibunya, lalu menyebarkannya pada orang lain, terutama para karyawannya. Kini, saatnya kita yang mempelajari dan menerapkannya.


Cover picture courtesy of www.lifehack.org

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

Kapan seseorang disebut sebagai leader dan hal-hal apa saja yang harus dipahami?
by Tondowidjojo
Business

Introduksi Leadership
Image Credit by Tondowidjojo
190.522
0
1
 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To