PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


christa
christa
Member since:
July 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

Boleh Kok Bohong Sama Pasangan, Asal …

Published : 17 September 2014
|
383
0
0
|
Semua orang tahu bahwa bohong itu dosa. Jadi tulisan ini tidak akan membahas sisi yang itu. Kita akan membahas masalah kebohongan pada pasangan, yang kita lakukan ataupun dia lakukan. Tidak perlu disangkal bahwa berbohong pasti pernah dilakukan oleh semua manusia biasa seperti kita, salah satunya dengan pasangan. Nah, baik-buruknya berbohong pada pasangan ini sampai sekarang masih menjadi perdebatan. Perlukah kita berbohong pada pasangan? Takutnya nanti kalau terlalu jujur, dia malah marah. Kalau bohong, kuatir urusan makin berabe. Lalu? Mana yang benar? Mana yang baik?

Menurut familylife.com, setidaknya ada 3 alasan orang berbohong pada pasangannya, yaitu :

1. Karena dia melakukan kesalahan
2. Karena pasangannya bukanlah pendengar yang baik (yang dikhawatrikan akan melakukan hal buruk jika mendengar kejujuran)
3. Atau karena ada hal buruk dari diri pasangan yang tidak ingin diungkapkan.

Orang yang melakukan kesalahan fatal akan berusaha menutupi kesalahannya. Ini terjadi pada orang yang selingkuh atau pernah selingkuh. Jika pernah selingkuh, tapi sudah sangat menyesal dan mencintai pasangan, sebaiknya simpan rapat-rapat rahasia itu. Berjanjilah bahwa tidak akan melakukan kesalahan yang sama. Sayangnya, sekali orang berselingkuh dan tidak ketahuan, ada yang akan mengulanginya terus.

Beberapa orang tidak bisa menahan amarah dan mengendalikan sikap saat mendengar hal yang buruk. Pasangan yang posesif paling tidak bisa menerima kekasihnya pulang bersama orang lain yang lawan jenis. Orang yang temperamental tidak bisa menerima kalau pasangannya melakukan kesalahan kecil sekalipun. Orang yang sensitif tidak bisa menerima kenyataan bahwa tidak semua hal berjalan mulus. Untuk pasangan seperti ini, sebaiknya kita jujur. Bukan jujur tentang apa yang terjadi, tapi jujur bahwa sikapnya membuat kita merasa tertekan. Kalau dia memang orang yang baik, dia akan mendengarkan penjelasan kita.

Ada juga yang berbohong untuk menyenangkan hati pasangan. Ini sah-sah saja dilakukan. Tapi, suatu saat kita harus mengatakan padanya tentang keburukannya ini. Mungkin kita bisa menerima dia yang selalu mandi selama 1 jam, lama memilih baju, atau terlalu cerewet soal makanan. Tapi belum tentu orang lain bisa menerimanya. Jujurlah demi kebaikannya, agar Ia bisa mengoreksi diri. Tapi, jangan mengungkapkannya saat sedang bertengkar. Umumnya orang yang bertengkar akan mengungkit-ungkit kesalahan masa lalu. Tetaplah berbohong saat kalian bertengkar untuk meminimalkan resiko.

Situs womensday.com menjelaskan setidaknya ada beberapa hal yang tidak perlu diketahui pasangan, yaitu:

1. Sering curhat ke teman sampai hal yang sangat pribadi sekalipun
Kalau ini  dibeberkan pada pasangan, Ia akan merasa harga dirinya jatuh. Ia akan berpikir bahwa teman-teman kita sudah memberi label buruk padanya.

2. Bercanda vulgar dengan teman
Biasanya wanita merasa risih kalau tahu suaminya bercanda secara vulgar, jadi sebaiknya para lelaki, tidak perlu mengungkapkan ini. Untuk para wanita, jangan menceritakan bagaimana bercanda secara vulgar dengan teman-teman karena itu akan membuat pasangan ilfeel.

3. Hubungan dengan pria atau wanita lain yang membuatnya cemburu
Jika dia sangat pencemburu, sebaiknya tidak usah menceritakan pertemuan dengan teman lama yang lawan jenis atau bagaimana seseorang di jalan menggoda kita. Tapi, kebohongan ini memberikan tanggung jawab untuk lebih teguh memegang komitmen.

4. Permasalahan keluarga
Selama masalah tersebut tidak ada hubungan dengannya dan menurut kita ini aib keluarga, sebaiknya rahasiakan dari pasangan. Apalagi jika karakter pasangan kita adalah mudah bercerita pada orang lain, jangan menceritakan apapun yang akan membuat jelek nama keluarga.

Perlu tidaknya berbohong akan kembali pada karakter pasangan dan masalah yang dihadapi. Pertimbangkan baik-baik apa yang akan terjadi jika kita jujur, dan apa yang akan terjadi jika kita berbohong.
"If you don’t want to slip up tomorrow, speak the truth today."
- Bruce Lee -
Jika dalam jangka panjang kebohongan ini bisa jadi masalah, sebaiknya ungkapkan sekarang. Satu lagi, berbohong hanya untuk menjaga keharmonisan hubungan, jangan menjadi kebiasaan, ya.


Cover picture courtesy of  ramliz.blogspot.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To