PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


christa
christa
Member since:
July 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

Hal-Hal Menyakitkan Saat Sedang Bertengkar dengan Pasangan

Published : 17 July 2014
|
1.438
0
0
|
Pada tahun 2006, ada sebuah Film Televisi (FTV) berjudul Sebatas Aku Mampu yang berkisah tentang sepasang suami istri yang nyaris bercerai. Akar masalahnya adalah sang istri berpenghasilan lebih besar dari suaminya. Pertengkaran sering terjadi sejak sang suami mulai mengutarakan rasa mindernya. Dari situ, mereka lalu mulai saling menyindir, mengatakan bahwa masing-masing telah berjuang untuk hubungan mereka, sementara pasangannya hanya mementingkan diri sendiri. Masalah bukan lagi soal penghasilan istri yang lebih besar, tapi juga nasib pernikahan.

Bertengkar adalah hal biasa yang terjadi pada setiap pasangan. Sayangnya, ada sebagian orang yang tidak bisa menahan diri saat cekcok. Keluarlah nada-nada sinis. Lalu disusul dengan perkataan sindiran tajam dan disampaikan dengan ekspresi yang merendahkan. Padahal setiap orang memiliki perasaan yang bisa terluka, dan luka itu lebih perih ketika berasal dari orang yang paling disayangi. Sekali dua kali mungkin rasa sakit itu bisa sembuh. Tapi bagaimana kalau sudah berkali-kali?

Sakit hati saat perang mulut umumnya bukan berasal dari akar masalah, tetapi hal lain yang menyertai pertikaian tersebut. Diantaranya antara lain :

1. Nada atau intonasi

Intonasi berkenaan dengan nada saat kita berbicara. Intonasi yang terkesan sinis dan merendahkan akan membuat pasangan merasa sakit hati karena tidak dihargai.

2. Pemilihan kata

Pemilihan kata-kata kasar saat bertengkar bisa membuat pasangan tersinggung dan merasa tidak terima. Hal ini bisa memicunya untuk membalas perkataan dan tidak mau mengalah.

3. Merinci keburukan pasangan

Saat bertengkar, seseorang cenderung mengingat hal-hal buruk pasangannya. Padahal, sebenarnya keburukan tersebut masih bisa ditoleransi dan sebenarnya tidak berhubungan dengan masalah yang dibahas. Merinci keburukan pasangan dan membahas kesalahannya akan membuatnya merasa tidak dicintai atau dibutuhkan.

4. Ekspresi

Ada beberapa ekspresi yang harus ditahan, misalnya mata melotot atau melirik dan mencibir. Ekspresi ini menandakan pelakunya memiliki sikap sok kuasa dan merasa paling benar.

5. Gestur dan gerakan

Gestur dan gerakan yang biasanya muncul saat cekcok adalah menunjuk-nunjuk dan menirukan ekspresi pasangan. Menunjuk-nunjuk, apalagi sampai kena kepala akan menimbulkan sakit hati mendalam bahkan dendam. Sikap ini bahkan menjadi topik baru dalam pertengkaran. Sementara menirukan ekspresi dengan tidak semestinya menunjukkan bahwa pelakunya sama sekali tidak menghargai pendapat pasangan.

Semua sikap di atas berawal dari ketidakmampuan mengendalikan emosi. Sayangnya, sebagian orang tidak bisa mengontrol emosinya dengan baik. Beberapa cara berikut semoga bisa membantu meredakan kemarahan saat salah satu pihak memulai pertengkaran.

1. Perbanyak selera humor

Lelaki dengan selera humor cenderung lebih bisa meredakan situasi. Lelaki tipe ini juga disebut-sebut sebagai kriteria idaman. Memperbanyak selera humor akan mengurangi tingkat stress dan pikiran negatif. Bergaul dengan orang-orang yang humoris akan membantu meningkatkan mood dan membuat pikiran jadi lebih segar. Perempuan yang sedang marah atau bad mood biasanya akan luluh saat digoda dengan candaan pasangannya. Sayangnya, cara ini belum tentu berlaku sebaliknya.

2. Diam, tenangkan pikiran

Jangan langsung menanggapi saat pasangan mulai bersikap jutek. Diamlah sebentar, pikirkan sebab sikapnya itu, lalu berikan penjelasan dengan baik.

3. Berpikir positif

Biasakan berpikir positif. Pikiran positif akan membuat seseorang lebih banyak melihat hal baik daripada hal buruk.

4. Belajar berdiskusi atau berbicara dengan santun

Siapapun setuju bahwa cara bicara yang santun akan membuat lawan bicara lebih nyaman. Ketika seseorang nyaman dengan cara bicara pasangannya yang santun, ia pun akan segan untuk mengeluarkan kata-kata yang tidak baik.

5. Bermeditasi

Meditasi merupakan salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Saat ini ada beberapa perkumpulan yoga yang juga melatih meditasi. Beberapa orang juga menyebutkan bahwa berdoa atau beribadah dengan sungguh-sungguh juga merupakan salah satu bentuk meditasi. Mengungkapkan keluh-kesah pada Sang Pencipta bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Pertengkaran adalah hal yang biasa. Tapi menyakiti hati pasangan bisa membuatnya pergi selamanya. Hanya dengan sikap saling menghargailah perpisahan itu bisa dicegah. Lihatlah permasalahan dari sudut pandangnya, dan rasakan apa yang dia rasakan.

Rate this article:
(4.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To