PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


Melinawati
Melinawati
Member since:
June 2013
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Berkomunikasi

Published : 26 February 2015
|
141.145
0
0
|
Komunikasi adalah alat agar saling berhubungan untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Dimana pun kita berada tentu selalu melakukan komunikasi. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tergantung dan terkait antara satu dengan lainnya.

Setiap orang pada dasarnya memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus. Hanya saja banyak yang tidak menyadari dan melatihnya dengan baik. Padahal komunikasi bermanfaat untuk meningkatkan skill dan aktifitas hubungan antar manusia. Selain itu berkomunikasi juga bisa memperlihatkan seperti apa sikap dan watak seseorang.

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang pembicaraanya dua arah dan saling menghargai lawan bicaranya. Berikut ini ada beberapa hal yang harus kita hindari saat berkomunikasi :

1. Membicarakan diri sendiri / keluarga sendiri

Image Credit By www.rougeframboise.com
Manusia sebenarnya memiliki sifat ingin diperhatikan dan senang menerima pujian. Oleh karena itu, ada beberapa orang yang merasa bangga saat menceritakan tentang kehidupannya yang menurutnya sangat menarik. Tetapi sebaiknya kita belajar untuk menekan diri kita untuk tidak terlalu sering menceritakan diri sendiri atau kehidupan keluarga. Karena bagi orang yang baru mengenal kita, akan memberikan kesan sombong padanya. Lebih baik membahas topik yang umum dan menambah inspirasi.

2. Berbicara terus menerus

Image Credit By gofaztrack.com
Ingat bahwa komunikasi bertujuan untuk saling bertukar informasi dan menambah pengetahuan kita. Jadi jangan mendominasi pembicaraan yang terjadi. Berilah kesempatan kepada orang lain untuk berbicara juga. Setiap orang pasti mempunyai hal yang ingin dibicarakan, entah pengalaman maupun pendapat. Dengan begitu orang lain akan merasa dihargai dan senang berbicara dengan kita.

3. Jangan mengulang topik

Image Credit By www.blissfullyoiled.com
Mengulang-ulang topik pembicaraan tentu akan membuat pembicaraan menjadi hambar dan terkesan membosankan. Kita bisa memilih topik seperti kesamaan hobi, planning masa depan, lifestyle yang sedang nge-trend dan hal-hal lain yang bermanfaat. Yang pasti kita harus pintar-pintar memilih topik agar membuat pembicaraan terasa menyenangkan.

4. Berbicara pelan, tidak jelas dan berbohong

Image Credit By ciricara.com
Dalam komunikasi dibutuhkan sikap kejujuran, apalagi bila berkomunikasi dengan pasangan. Lebih baik kita menunjukkan sikap jelek kita saat masih pacaran daripada menunggu saat sudah menikah. Karena di masa pacaran, kita bisa saling koreksi, sedangkan saat sudah menikah yang ada malah saling bertengkar setelah tahu sifat aslinya. Selain itu berbicara lah yang tegas dan jelas terhadap siapapun. Hal itu akan menambah nilai kepercayaan orang lain terhadap kita. Pembicaraan yang terlalu bertele-tele dan intonasinya pelan, akan membuat jalannya pembicaraan terasa lama dan orang lain mungkin tidak sabar untuk mengetahui inti pembicaraan kita.

Image Credit By cognitiobrevis.blog.com
5. Jangan membicarakan hal negatif

Sebaiknya hindari membicarakan hal negatif, seperti mengeluhkan penyakit yang sedang diderita, nasib yang tidak beruntung atau membicarakan kejelekan orang lain. Hal itu membuat jalannya pembicaraan tidak menyenangkan dan bisa menimbulkan gosip. Selain itu, mungkin lawan bicara kita juga memiliki masalah yang lebih banyak dari kita. Jadi lebih baik, jangan membicarakan masalah pribadi juga. Kecuali, bila kita meminta tolong lawan bicara kita untuk memberikan sedikit pendapat atau masukan tentang masalah kita. Tapi bila ia tidak bisa, jangan memaksanya. Lebih baik segera alihkan topik pembicaraan.

6. Sok tahu dan menggurui

Image Credit By www.ow-water.co.id
Bila kita mengetahui banyak hal tentang topik yang dibahas, kita boleh mengutarakan banyak hal. Tapi jangan memberi kesan sok tahu, apalagi menggurui orang lain dan merasa hanya kita yang tahu banyak tentang hal yang sedang dibahas. Seperti pada poin ke 2, jangan berbicara terus menerus, berilah kesempatan kepada orang lain untuk berbicara. Dan begitu juga sebaliknya, bila kita merasa tidak tahu tentang topiknya, jangan berpura-pura sok tahu. Lebih baik jadi pendengar yang baik dan serap semua informasi untuk menambah pengetahuan kita.

7. Berujung argumentasi atau debat

Image Credit By segiempat.com
Berbeda pendapat saat berkomunikasi adalah hal yang wajar. Yang paling penting adalah jangan memaksakan pendapat diri sendiri. Karena hanya akan berujung pada perdebatan dan saling membenarkan pendapatnya sendiri. Hargailah pendapat orang lain. Apabila tidak setuju, diskusikan pelan-pelan dan beri masukan kepadanya mana yang lebih baik. Sama halnya bila pendapat kita tidak ada yang setuju, terimalah masukan dari orang lain dan jadikan sebuah pembelajaran untuk kita.

8. Menyalahkan lawan bicara

Image Credit By www.collective-evolution.com
Hal ini terkadang bisa terjadi saat ada perkataan dari lawan bicara yang membuat kita tersinggung. Jangan langsung membalasnya dengan hal-hal yang membuatnya balik tersinggung, apalagi mengungkit-ungkit kesalahan yang pernah dilakukan lawan bicara. Berbicaralah dengan sopan padanya, untuk tidak membahas hal yang membuat kita tersinggung. Atau anggap saja itu sebagai candaan dan bentuk koreksi agar kita memberbaiki hal yang ia bicarakan.

8 hal di atas harus kita hindari dan perhatikan benar-benar agar terbentuk komunikasi yang sehat dan efektif. Kepercayaan yang diberikan oleh orang lain, diawali dengan sebuah komunikasi yang terjadi. Jadi belajarlah untuk berkomunikasi dengan baik dan benar. Perhatikan setiap kosa kata yang kita keluarkan agar tidak menyinggung orang lain. Dan sikap kita dalam berkomunikasi juga mempengaruhi jalannya pembicaraan, jadi bersikaplah yang baik dan tidak dibuat-buat.


Cover picture courtesy of 3.bp.blogspot.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
Anak adalah cerminan orang tua, maka dari itu orang tua bertanggung jawab penuh dalam mendidik anak untuk masa depannya nanti.
by Inke_zhu
Relationship

10 hal yang harus diajarkan ke anak sejak kecil
Image Credit by Inke_zhu
56.388
0
3
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To