PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


lubissa
lubissa
Member since:
May 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

Happy Fasting

Published : 30 June 2014
|
399
2
0
|

Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi teman-teman yang menjalankan. Dan bagi yang tidak menjalankan, mari saling menghormati dan memberi dukungan bagi yang berpuasa.

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Karena bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan berkah dari Allah SWT. Dan merupakan bulan penuh ampunan, semua kesalahan yang diperbuat dihapuskan di bulan Ramadhan.

Barang siapa puasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala Allah, niscaya ia diampuni dosanya yang telah lalu
(Hadits Muttafaq ‘Alaihi)

Selain ampunan dan pahala yang didapat dari amal saleh, puasa juga bermanfaat untuk kesehatan kita. Puasa sangat disarankan untuk penderita penyakit kolesterol, hipertensi dan gula darah. Karena membantu menurunkan dan mengendalikan kadarnya. Serta menaikkan jumlah sel tubuh untuk mengganti sel-sel yang mati dan menaikkan kekebalan tubuh.

Lalu bagaimana agar puasa kita lancar? Saya rasa teman-teman punya banyak caranya. Berikut ini tips dari saya untuk membantu puasa kita berjalan lancar dan senantiasa mendapat ridho dari Allah SWT :

1. Konsisten sahur, puasa kuat

Biasanya minggu pertama puasa, kita semangat sekali bangun pagi untuk sahur. Mulai masuk minggu ke tiga, ada beberapa yang mulai malas untuk bangun sahur. Ada yang sengaja sahurnya hampir mau imsak atau malah tidak sahur sama sekali. Kalau bisa kuat sampai waktunya berbuka tidak masalah, tapi bagaimana kalau tengah hari sudah ingin berbuka.

Sahur itu suatu berkah. Maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan meneguk seteguk air, karena sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat atas orang yang bersahur.
(HR. Ahmad)

Fungsi sahur bukan hanya agar kita kuat beraktivitas di siang hari dalam keadaan puasa. Di balik makan sahur tersimpan berkah yang luar biasa untuk menambah pahala kita. Sebelum makan sahur, kita bisa melaksanakan shalat tahajud terlebih dahulu. Dan sesudah sahur kita mendapat kesempatan untuk melaksanakan shalat subuh di awal waktu. Sahur dianjurkan makan secukupnya saja dan tidak terlalu kenyang. Terlalu kenyang membuat kita cepat mengantuk, akibatnya terlewatan melakukan shalat subuh.

Terlambat bangun menyebabkan kita terburu-buru melakukan sahur. Agar bisa bangun tepat waktu untuk sahur, kita bisa pasang 2 atau 3 waktu alarm di handphone. Saat alarm pertama bunyi kita biasanya masih malas untuk bangun. Sehingga alarm kedua dan ketiga bisa membantu kita untuk bangun lagi. Jeda alarm jangan terlalu lama, sekitar 10 menit saja. Kita juga bisa meminta bantuan teman, keluarga atau saudara untuk menelpon membangunkan sahur apabila kita tinggal sendiri. Jadi jangan lewatkan waktu sahur ya karena sahur ladang pahala juga.

2. Segerakan berbuka puasa

Tepat sahur, tepat berbuka juga. Bila kita sudah mendengarkan adzan, segerakan untuk berbuka puasa.

Berfirman Allah 'Azza wa Jalla (artinya), "Yang paling Ku sayangi dari hamba-hamba-Ku, ialah yang paling segera berbuka".
(HR. Tirmidzi dari Abu Hurairah)

Berbuka diawali dengan makanan dan minuman yang manis. Rasulullah menganjurkan untuk berbuka dengan 3 buah kurma. Bila tidak ada lebih baik berbuka dengan seteguk air.

Apabila seseorang diantara kalian berbuka, maka hendaklah Ia berbuka dengan kurma. Jika Ia tidak memperoleh kurma, hendaklah ia berbuka dengan air, karena air itu bersih dan membersihkan.
(HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi dari Sulaiman bin 'Amir)

Setelah melegakan tenggorokan kita sebaiknya melakukan shalat maghrib terlebih dahulu baru mulai berbuka lagi. Saat melanjutkan berbuka kembali, jangan biarkan perut kekenyangan. Perut kenyang bisa mengganggu jalannya shalat tarawih. Dengan perut kenyang kita jadi tidak khusyuk sholat karena dilanda kantuk.

3. Just think positive

Berpuasa selain menahan rasa lapar dan haus juga menghindari hawa nafsu untuk berbuat yang negatif. Menjauhi segala larangan Allah SWT, seperti mencuri, berbohong dan berbuat kejahatan lainnya. Keridhoan Allah SWT akan berkurang apabila kita berpuasa tapi melakukan perbuatan tercela.

Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah ta’ala berkata: "Kecuali puasa, maka Aku yang akan membalas orang yang menjalankannya karena dia telah meninggalkan keinginan-keinginan hawa nafsunya dan makannya karena Aku".
(Shahih, HR. Muslim)

Selalu jaga pikiran kita agar tetap positif dan melihat hal-hal yang positif saja. Ganti semua amarah dan keluhan dengan kesabaran.

Sesungguhnya akan dipenuhi bagi orang-orang yang sabar pahala mereka berlipat ganda tanpa perhitungan
(Az-Zumar: 10)

4. Activity

Puasa bukan halangan untuk beraktivitas. Apabila saat puasa hanya dihabiskan untuk santai dan tidak melakukan apapun, badan malah akan terasa lemas. Di dalam hadits disebutkan bahwa tidur di saat puasa termasuk ibadah. Tetapi bukan berarti kita harus tidur terus.

Jika makan dan minum diniatkan untuk menguatkan badan agar kuat ketika melaksanakan shalat dan berpuasa, maka seperti inilah yang akan bernilai pahala. Sebagaimana pula apabila seseorang berniat dengan tidurnya di malam dan siang harinya agar kuat dalam beramal, maka tidur seperti ini bernilai ibadah.
(Latho-if Al Ma’arif , 279-280)

Tidur di kala puasa sama halnya tidur seperti biasanya. Yaitu untuk membuat badan kita lebih segar agar bisa beraktivitas kembali dan memenuhi amalan bulan Ramadhan. Puasa juga bukan penghalang untuk berolahraga. Kita masih bisa berolahraga di pagi hari, biarpun hanya sekedar jalan pagi atau melakukan peregangan otot di rumah. Jadi di bulan puasa selesaikan pekerjaan dan tugas sekolah dengan semangat. Dengan begitu waktu akan terasa berjalan lebih cepat.

Sekian tips dari saya, semoga puasa kita selalu diridhoi oleh Allah SWT. Sebagai umat muslim jangan jadikan puasa sebagai beban tetapi kewajiban untuk mendapatkan hak yang Allah SWT telah janjikan serta merupakan bentuk rasa syukur kita. Jangan lewatkan kesempatan untuk berbuat baik di bulan Ramadhan ini. Puasa dan beramal saleh dengan ikhlas akan mendapatkan pahala yang setimpal dari Allah SWT. Dan jangan lupa diseimbangkan dengan ibadah sholat, baca Al Qur'an, dzikir dan kegiatan lain yang bermanfaat di bulan puasa.

Selamat berpuasa, Semoga amal ibadah kita di bulan suci Ramadhan ini senantiasa diterima oleh Allah SWT. :)


Rate this article:
(4.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
 

COMMENTS

2 Comments
You have to log in or register to comment, like, and rate article
ning_cening
07 July 2014
haii .. pleased like this article yaaa :) thanks
http://www.arthinkle.com/articles/detail/a-hug-reduce-your-stress
Dn_Ans_Hoki
01 July 2014
monggo cicipin yg ini:
- http://www.arthinkle.com/articles/detail/selancar-masa-depan-dengan-sensasi-main-game
atau yg ini:
- http://www.arthinkle.com/articles/detail/menginsafi-persamaan-bukan-hanya-perbedaan
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To