PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


Yuanata
Yuanata
Member since:
November 2014
Member Level :
Member 1

Hindari 10 Kebiasaan Ini Dalam Mengasuh Anak

Published : 24 August 2016
|
6.053
0
0
|
Orang tua adalah kunci utama dalam pembentukan karakter si anak di masa depan. Dan tentunya tidaklah mudah menjadi orang tua, setiap langkah dan perilaku yang anak lakukan merupakan cerminan dari perilaku orang tuanya.

Sehingga sebagai orang tua yang bijak tentunya anda perlu memperhatikan setiap langkah dan perilaku yang akan anda lakukan didepan anak anda. Tak dipungkiri pula bahwa sebagai orang tua terkadang kita bersikap berlebihan, seperti contohnya anda melarang anak anda bermain diluar rumah karena takut sakit, yang dampaknya membuat anak anda menjadi pemalu dan introvert karena jarang berinteraksi dengan dunia luar.

"Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menjadi orang tua yang baik?"
"Tindakan apa saja yang perlu kita hindari?"


Nah berikut ini adalah 10 kebiasaan yang dilakukan orang tua dalam mengasuh anak yang perlu anda hindari :

1. Memenuhi semua permintaan anak
Image Credit By www.kipliner.com
sebagai orang tua tentunya anda ingin membuat anak anda senang, memberikan barang barang yang ia inginkan sebagai bentuk rasa kasih sayang anda. Tapi tunggu dulu, jika anda terlalu sering menuruti permintaan anak bahkan sampai pada hal hal yang bisa mendorong anak untuk bersikap tidak baik itu adalah kesalahan.
Ia akan tumbuh menjadi seseorang yang sangat manja dan tidak bisa mandiri dikemudian hari. Jadi cobalah bersikap bijaksana dan berikan barang barang yang memang dibutuhkan untuknya dan bukan barang yang ia inginkan.

2. Tidak menghabiskan waktu dengan anak
Yang dibutuhkan anak dari orang tua sejatinya adalah perhatian dan perlindungan. Jika Anda terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan atau urusan pribadi sampai mengabaikan anak, mereka akan merasa kesepian dan bisa salah pergaulan.

3. Kemarahan yang tidak tepat
Image Credit By www.parents.com
Terkadang orang tua wajib memarahi anaknya yang berbuat salah. Tapi hal itu harus dilakukan dalam waktu dan situasi yang tepat. Sering kali orang tua memarahi anaknya di depan umum atau di depan teman-temannya. Ini akan membuat anak Anda merasa malu dan rendah diri.

4. Memiliki harapan terlalu tinggi
Sebagai orang tua Anda boleh saja memiliki harapan positif pada anak. Tapi tak sedikit orang tua yang memiliki harapan terlalu tinggi sampai-sampai tidak rasional dan sulit diwujudkan oleh anak. Hal ini akan menjadi beban tersendiri pada anak.

5. Membandingkan mereka dengan anak-anak lain
Image Credit By www.cnn.com
Anak mana yang ingin dibandingkan dengan orang lain. Ingat, potensi tiap anak tentu berbeda. Jika ada anak teman Anda yang pandai menari, bukan berarti anak Anda juga jago menari. Bisa saja anak Anda memiliki bakat di bidang lain.

6. Tidak mendengarkan mereka
Ini yang juga sering dilakukan orang tua pada anaknya. Terkadang anak sering bercerita hal yang mungkin terdengar konyol dan tidak rasional. Namun bukan berarti Anda tidak mendengarkannya. Anda harus mendengarkan apa saja yang dibicarakan oleh anak. 

7. Tidak mempraktekkan apa yang Anda katakan
Terkadang banyak orang tua yang suka berkata seperti "Papa rajin bangun pagi" tapi nyatanya tidak demikian. Anda suka bangun di siang hari. Secara tidak langsung Anda sudah membohongi dan memberi contoh yang tidak baik pada anak.

8.Suka berjanji tapi tidak ditepati
Image Credit By www.linkedin.com
Ini dia sikap yang sangat buruk dan dibenci oleh anak. orang tua sering menjanjikan suatu hal kemudian tidak menepatinya Hal tersebut akan membuat si anak kecewa dan tidak percaya lagi pada Anda.

9. Over protektif
Orang tua memang tahu apa yang dibutuhkan anak. Mereka sudah pernah menjadi anak-anak sehingga tahu mana yang terbaik dan yang tidak baik untuk anak. Sehingga mereka jadi over protektif. Sikap ini justru membuat si anak akan membangkang. Jadilah orang tua yang bijak.

10. Tidak menjadi teman mereka
Anda harus bersikap sebagai seorang teman dan membuat mereka merasa nyaman di hadapan Anda. Jangan sampai mereka lebih nyaman dengan teman-temannya dibanding dengan Anda.

Jadilah orang tua yang bijaksana agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik



Sumber: www.merdeka.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To