PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


irwanrosali
irwanrosali
Member since:
June 2013
Administrator
Administrator

Hindari Plastik Hindari Kanker

Published : 6 May 2014
|
43.940
0
0
|
Dalam beberapa tahun terakhir ini, penderita kanker semakin meningkat. Bahkan dalam 2 bulan terakhir, 2 anak kecil dari keluarga yang kebetulan kami kenal meninggal karena kanker. Banyak dari mereka tidak merokok, dan sepertinya baik baik saja, tetapi tiba tiba dinyatakan kanker yang tentu saja membuat mereka dan keluarganya kaget dan bingung. 
 
Well, saya bukan seorang expert tentang kanker tapi saya mungkin bisa membagikan beberapa hal yang saya tahu. Kanker ada banyak macam dan tentu saja penyebabnya juga bervariasi. Merokok hanyalah salah satu penyebab saja. Semua penyebab kanker itu disebut dengan istilah dalam inggris: Carcinogen. 
 
Nah salah satu bahan utama penyebab kanker (carcinogen) adalah PLASTIK. Plastik sebenarnya ada banyak tipe, PET (contoh: botol softdrink), PVC (contoh: bungkus keju, daging), PP (contoh: botol saos tomat), PS (bungkus makanan jadi yang berbentuk kotak berbahan foam warna putih) dan masih banyak lagi yang lain termasuk ada yang recycled (daur ulang), ada yang campuran dari beberapa tipe plastik utama, dan macam macam lagi. Tentu saja panjang untuk menjelaskan mana yang aman dan mana yang tidak baik, bahkan menyebabkan kanker. 
 
Image Credit By www.gnwrecycling.com
Jadi daripada bingung, kunci utamanya satu. Jangan sampai plastik jenis APAPUN masuk ke dalam tubuh kita. Loh memangnya bisa masuk? Kan kita tidak pernah makan plastik bukan? Begini, kita semua tahu kalau plastik pada suhu yang  tinggi akan meleleh. Tetapi yang tidak diketahui banyak orang adalah dengan suhu 'sedikit' tinggi saja beberapa jenis plastik tertentu akan mulai melepaskan partikel partikel plastik atau zat zat lain yang sangat kecil yang tidak bisa dilihat oleh mata. Dan jika bahan plastik tersebut adalah botol air, bungkus makanan, sedotan atau bentuk lain yang berhubungan langsung dengan yang kita konsumsi, otomatis partikel plastik dan zat zat lain tersebut bercampur dengan makanan atau minuman tersebut dan masuk ke dalam tubuh kita. Selama bertahun tahun, semakin banyak yang masuk ke tubuh, akhirnya jadilah kanker. 
 
Jadi jika akan terjadi kontak dengan makanan atau minuman yang panas HINDARI plastik. Beberapa poin untuk diingat:
 
1. Seduh susu bayi dengan air panas jangan di botol plastik. Lakukan di gelas non plastik (kaca, keramik, metal) dulu lalu kalau sudah mulai hangat baru pindahkan ke botol susu plastik untuk diminum bayi. Tapi pastikan botol plastiknya juga BPA Free ya.
 
2. Jangan memanaskan makanan / minum dalam kontainer berbahan plastik. Termasuk meninggalkan makanan / minuman dalam kemasan plastik tersebut di dalam mobil yang di parkir di bawah matahari karena suhu di dalam mobil bisa mencapai cukup tinggi.
 
3. Saat minum teh panas, kopi panas, bandrek atau minuman panas lainnya pastikan gelas dan adukan nya non plastik. Dan hindari sedotan. Apalagi di warung warung sederhana, karena kemungkinan besar mereka tidak memperhatikan apakah bahan gelas dan sedotan plastik tersebut baik atau tidak, yang penting semurah mungkin. 
 
Image Credit By cdn.theatlanticcities.com
4. Kurangi membeli minuman botol atau gelas. Karena kita tidak tahu selama transportasi dari pabrik pembuatan ke distributor utama lalu ke distributor daerah lalu ke toko / warung sudah 'terjemur' matahari berapa lama. Apalagi minuman gelas, berdasarkan pengalaman saya pribadi, dari 5 air minum gelas yang saya minum, 4 berasa banget kandungan plastiknya. Hati hati. Dan botol atau gelas bekasnya JANGAN dipakai ulang. Lebih baik gunakan botol minum dari metal atau kaca.
 
5. Kalau tetap ingin menggunakan plastik, pastikan sudah BPA (Bisphenol A) Free. Tapi kalau saran saya sih tetap jangan sampai kena suhu terlalu panas. Lebih baik menggunakan bahan kaca atau aluminium untuk kotak makan atau botol minum. Memang lebih berat, lebih mahal dan gampang pecah atau penyok. Tetapi kalau kanker juga tidak murah loh... :)
Image Credit By inourwordsblog.files.wordpress.com
6. Kurangi makan gorengan di tempat makan sederhana apalagi warung dan pedagang keliling. Mereka biasanya menggunakan minyak curahan (minyak bekas dari restoran besar) atau menggunakan minyak yang sama untuk menggoreng berulang ulang. Keduanya akan menyebabkan kanker. Juga sudah sering dengar kan kalau banyak yang ketahuan memasukan plastik ke dalam minyak goreng supaya lebih renyah. Kanker banget kan?
 
Image Credit By 1.bp.blogspot.com
Semoga tips diatas bisa membantu supaya semakin kecil kemungkinan kita terkena kanker. Silahkan informasikan ke teman teman kita. Thanks.

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena berefek buruk bagi kesehatan.
by Yuanata
Health

Kombinasi Makanan Yang Seharusnya Tidak Dikonsumsi
Image Credit by Yuanata
83.084
0
1
 
3 tips diet yang dilakukan oleh artis Hollywood.
by NadiaHima
Health

Tren Diet Ala Seleb Hollywood
Image Credit by NadiaHima
82.278
0
0
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To