PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


christa
christa
Member since:
July 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

Jadi Ahli Gizi Untuk Diri Sendiri

Published : 19 December 2014
|
485
0
0
|
Sudah sejak dulu kita tahu, bahwa pola makan tidak bisa dihindarkan dari kondisi kesehatan tubuh. Karenanya, sangatlah penting untuk menjaga pola makan dengan benar. Mulai dari porsi, jenis makanan yang masuk ke tubuh, kebutuhan nutrisi, waktu, sampai cara makan, semua itu akan memengaruhi bagaimana kesehatan kita.

Sayangnya, sampai saat ini kita masih belum bisa menemukan pola makan yang sehat bergizi. Dulu kita mengira banyak makan itu menyehatkan, tapi ternyata banyak makan bisa menimbulkan penyakit. Dulu kita berpikir bahwa diet itu bisa membuat badan kurus langsing, tapi nyatanya diet juga memiliki banyak efek samping.

Seperti apa sebenarnya pola makan yang sehat? Berikut ini cara-cara praktis untuk menjaga pola makan kita :

1. Membawa bekal makan sendiri

Image Credit By katavanti.wordpress.com
Sejak SD kita sudah sering membaca cerita bagaimana seorang anak akhirnya mengalami sakit perut dan amandel karena ia jajan sembarangan. Kita pun tahu bahwa makanan yang dimasak ibu lebih terjamin kebersihannya. Hal ini memang benar. Dengan membawa sendiri bekal makan dari rumah, kita terhindar dari segala resiko berbahaya. Lagipula, dengan berbekal makanan yang dimasak sendiri, kita tidak akan salah menentukan porsi dan kandungan nutrisi.

Tanpa merendahkan para penjual makanan, tapi coba bayangkan bagaimana jadinya kalau kita sering mengonsumsi makanan yang tidak kita ketahui cara memasaknya. Gorengan yang dicampur plastik dan lilin, saus yang dicampur pewarna berbahaya, belum lagi aneka jenis pengawet makanan. Semua itu ada di luar sana, meski kita tidak tahu di mana tepatnya. Daripada mempertaruhkan kesehatan, lebih baik main pasti saja.

2. Fokus pada makanan

Image Credit By lifestyle.kompasiana.com
Percaya atau tidak, jika kita fokus pada makanan yang sedang kita makan, maka nutrisi yang terserap akan lebih banyak. Lain halnya jika kita kita makan sambil ngobrol, atau bahkan makan sambil bekerja. Biasakan makan dengan keadaan tenang dan teratur, jangan sambil berdiri, jalan, apalagi tiduran. Jangan makan sambil ngobrol, sambil chatting di BBM atau sambil browsing.

3. 
Stop makan di mall

Image Credit By dreamtravelmom.wordpress.com
Tanpa bermaksud mengurangi nafkah para pemilik foodcourt atau pekerjaan staff foodcourt, kita perlu mengetahui bahwa datang ke mall dalam perut kosong adalah tindakan berbahaya. Bukan apa-apa, tapi makan di mall akan kita anggap sebagai bagian dari rekreasi dan bukan makan berat. Hal ini memicu keinginan untuk makan lagi setelah selesai belanja. Apalagi suasana ramai akan merusak konsentrasi pada makanan dan membuat kita ingin makan lebih banyak. Lagipula, kita bisa lapar mata dan ingin makan banyak makanan yang disajikan, yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan nutrisi.

Biasakan mengunjungi mall dengan kondisi perut sudah terisi. Dengan begitu, meskipun kita melewati foodcourt dengan aroma menggiurkan, kita tidak akan tergoda.

4. Catat apa yang sudah dimakan

Biasakan mencatat apa saja yang sudah dimakan dari pagi sampai malam hari. Dengan demikian, kita akan tahu seberapa banyak kalori dan nutrisi lainnya yang sudah masuk ke tubuh. Kita pun akan lebih mudah memprediksi seperti apa kondisi tubuh saat ini, lalu membuat rencana pola makan yang sehat untuk periode berikutnya.

5. Saling melengkapi nutrisi

Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan harian, pastikan kita selalu ingat apa saja yang sudah dimakan dari pagi sampai malam, setiap hari. Jika pagi tadi kita sudah makan banyak karbo dan lemak, maka perlu diseimbangkan dengan konsumsi sayur dan buah. Jangan makan siang dengan menu yang komposisinya kurang lebih sama. Jika sudah banyak makan makanan manis, maka selanjutnya perlu mengurangi konsumsi tersebut dan memperbanyak minum air mineral.

6. Makan sebelum datang ke pesta

Image Credit By valentinecelebration.blogspot.com
Biasanya jika akan ke pesta, kita sengaja menunda makan dengan alasan akan makan saat pesta nanti. Padahal, ini bisa menimbulkan kelebihan makanan, karena saat pesta kita ingin makan apa saja yang terhidang. Sebelum datang ke acara apapun, terutama yang ada jamuan makannya, pastikan perut sudah cukup terisi. Ini untuk mengantisipasi jumlah makanan yang akan masuk. Saat pesta berlangsung, awasi terus apa yang sudah diambil, berapa kandungan gula, kalori, lemak, alkohol dan karbohidratnya. Trik lainnya adalah dengan mengunyah permen karet, sehingga kita tidak akan memasukkan makanan lainnya.

7. Menyiapkan snack sehat di kantor

Image Credit By www.chandrakarya.com
Agar tidak kalap dan membeli banyak snack dari cafetaria, sebaiknya setiap bulan kita sudah menyiapkan snack sehat sendiri. Lebih baik lagi jika snack disimpan di laci yang letaknya agak jauh dari meja kerja. Lokasi makanan yang agak jauh akan membuat seseorang malas mengambilnya. Snack bisa diganti dengan buah-buahan, agar kandungan kalori dalam tubuh tetap terjaga.

8. Mengatur porsi makan

Dengan porsi yang seimbang, kita tidak akan kekenyangan dan kelebihan berat badan. Untuk menyiasati pengaturan porsi ini, biasakan makan dengan piring atau mangkuk kecil. Hal ini membuat kita akan mengambil makanan secukupnya. Untuk minuman, gunakan gelas yang lurus, jangan gelas gemuk yang menggembung. Gelas yang lurus akan lebih terlihat volumenya, jadi kita bisa tahu sudah minum berapa banyak hari ini.
 
Dengan pola makan yang tepat, maka kebutuhan nutrisi akan tercukupi, dan kita terhindar dari kebiasaan makan yang tidak sehat.

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena berefek buruk bagi kesehatan.
by Yuanata
Health

Kombinasi Makanan Yang Seharusnya Tidak Dikonsumsi
Image Credit by Yuanata
83.621
0
1
 
3 tips diet yang dilakukan oleh artis Hollywood.
by NadiaHima
Health

Tren Diet Ala Seleb Hollywood
Image Credit by NadiaHima
82.644
0
0
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To