PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

​

ABOUT USER


christa
christa
Member since:
July 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

Kenali diri, Apakah seorang Sanguinis?

Published : 3 September 2014
|
512
0
0
|
Ada banyak sekali penjelasan tentang tipe kepribadian. Sewaktu kita membaca  salah satu di antaranya, pasti kita langsung menghubungkannya dengan diri sendiri. Iya, nih. Yang ini saya banget. Berarti saya sanguin. Tapi setelah baca artikel lainnya, kok jadi agak ragu. Oh, ternyata saya koleris. Ada yang pernah mengalami hal tersebut? Sebenarnya seperti apa sih kepribadian sanguin ini? Mari kita pelajari lebih lanjut.
Image Credit By blog.sendnpay.com
Kepribadian sanguin identik dengan elemen udara, musim semi, keceriaan, warna cerah, dan karakter yang hangat dan lembut. Menurut Conrad Hock, salah satu dari keempat kepribadian ini memiliki ciri utama sebagai berikut :

1.Selalu ingin mengekspresikan dirinya (pemikiran dan karakter) dan senang didengarkan, tetapi tidak memaksa orang untuk menerima pemikirannya. Mereka bisa menerima kritik dan pendapat dari orang lain.
2. Menyukai kegiatan berkelompok daripada individu serta menyukai kegiatan yang butuh banyak semangat dan energi
3. Selalu detail dalam mengerjakan tugas
4. Sering tidak sabar dan impulsive, jadi keputusan mereka beberapa kali salah
5. Sangat bergairah dalam lingkungannya atau selalu ingin tahu
6. Cenderung selalu riang gembira
7. Kurang inisiatif, tidak terlalu fokus pada apa yang sangat diinginkan
8. Tulus ikhlas dalam melakukan berbagai hal
9. Memiliki banyak teman dan tidak akan bersikap sok eksklusif
10. Cepat mengambil keputusan dan tegas
11. Bisa mengikuti banyak aktivitas berturut-turut dalam waktu yang singkat
12. Mudah beradaptasi dan selalu tampil maksimal
13. Jujur, suka bicara, senang bergaul dan mengekspresikan dirinya
14. Cenderung mudah berganti suasana hati, sehingga tidak konsisten dengan resolusi yang sudah dibuat.

Itu tadi ciri-ciri mereka secara umum. Adakah yang sesuai dengan kepribadian yang telah disebutkan di atas? Jika masih belum jelas, berikut ini kelebihan dan kelemahan orang dengan karakter sanguin.

Kelebihan :

1. Orang-orang sanguin ini memiliki banyak sekali kelebihan yang membuat mereka mudah disukai dan disayangi oleh banyak orang. Mereka ekstrovert, sangat komunikatif dan mudah dekat dengan orang yang baru dikenal sekalipun. Perkataan dan perilaku mereka ramah serta menyenangkan bagi orang lain. Mereka memang suka bergurau dan bercerita.  Seorang sanguine akan senang membuat orang lain bahagia. Memang tidak terlalu hangat dan sensitive seperti melankolis serta tidak mudah tersinggung, sehingga mudah diterima masyarakat. Selain itu sanguin juga tidak akan tertarik mengkritik orang lain. Justru Ia akan menjadi partner yang baik bagi siapapun.
2. Sanguin cenderung menarik perhatian orang-orang di sekitarnya karena dia sangat adaptif, tidak mempersulit situasi, selalu memberikan solusi, bersikap apa adanya, dan menghormati orang lain.
3. Tidak keras kepala. Orang-orang sanguin ini akan menerima kekalahan dan hukuman jika mereka dinilai bersalah. Sama sekali tidak dendam pada orang yang membencinya.
4. Yang lalu biarlah berlalu. Mungkin begitu yang ada di pikiran para sanguin. Tidak perlu larut dalam kesedihan terlalu lama.

Kekurangan :

1. Sayangnya orang-orang sanguin cukup besar kepala atas kelebihannya. Dalam hal-hal tertentu yang mereka kuasai, mereka bisa saja terlalu bangga pada diri sendiri. Mereka sangat senang dengan pujian. Bahkan, inilah sebabnya mereka tidak malu pada setiap kesalahan dan kekurangannya, karena mereka sangat bangga pada dirinya. Nah, untuk orang sanguin, harus selaluingat bahwa ada yang lebih hebat dari kita.
2. Orang berkarakter sanguin cenderung mudah iri dan cemburu. Tidak jarang rasa cemburu itu akan dilampiaskan dengan cara-cara yang jahat dan menyedihkan. Saat iri, mereka bisa melakukan hal-hal buruk pada orang lain, seperti menyebarkan fitnah. Seorang sanguin, sebaiknya jangan tersinggung, tetapi instrospeksilah.
3. Orang yang sanguinis umumnya cenderung sembrono atau tidak hati-hati dalam bersikap. Lebih banyak memikirkan kesenangan, sehingga mudah terjerumus.
4. Sanguin tidak bisa jauh-jauh dari kesenangan. Mereka harus sering bersenang-senang, entah dengan cara apa. Bisa dibilang mereka ini pecinta zona nyaman.
5. Beberapa keburukan lainnya dari kepribadian ini adalah tidak netral, tidak tekun dalam suatu bidang, mudah terpengaruh dan kurangnya pemahaman tentang diri sendiri.

Ada beberapa cara untuk membuat orang sanguin menjadi lebih baik. Pertama, orang sanguin harus lebih banyak berdoa, berkontemplasi dan berpikir hanya dengan dirinya sendiri. Seorang sanguin, cobalah memiliki waktu untuk sendiri lebih banyak. Kedua, pastikan bergaul dengan orang-orang yang baik, agar tidak mendapat pengaruh buruk. Ketiga, pupuklah watak baik dan singkirkan watak buruk. Memang ada kalanya kita berpikir, “Ya memang ini adalah karakter dasar yang tidak bisa diubah.” Tapi, setidaknya sikap buruk bisa dikurangi, kan?

Baca juga http://www.arthinkle.com/articles/detail/selamat-ya-dia-sanguinis



Cover picture courtesy of  arti-psikologi.blogspot.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To