PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


Inke_zhu
Inke_zhu
Member since:
July 2013
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

Kenapa Pria Harus Minta Maaf?

Published : 3 September 2014
|
1.570
0
0
|
‘Sorry’ adalah kata yang sangat sering kita dengar. Dalam bidang pemasaran, kita selalu dianjurkan untuk mengucapkan maaf ketika ada sedikit saja gangguan pada pelanggan, dan berterima kasih atas sedikit saja peran para pelanggan tersebut. Sementara, orang-orang bijak era modern mengataan bahwa ‘maaf’ merupakan kata sakti yang tidak boleh diucapkan terlalu sering karena itu akan mengurangi kesaktiannya.

Berdasarkan banyak pengamatan, dalam suatu hubungan pria dan wanita, wanita lah yang paling sering meminta maaf, sedangkan pria paling malas melakukan hal ini. Wanita lebih sering meminta maaf karena mereka lebih takut kehilangan. Mereka lebih sensitive dan tersentuh hatinya. Sementara pria, meskipun sangat menyayangi kekasihnya, akan lebih mengedepankan rasio dan berpikir semuanya baik-baik saja.

Beberapa pria menganggap bahwa meminta maaf adalah basa-basi. Toh, pasangan akan memaafkannya. Kesalahan yang dia buat bukanlah kesalahan yang besar. Ya, umumnya pria memang lebih jarang meminta maaf kepada pasangannya.

Keengganan untuk meminta maaf juga disebabkan oleh tingginya ego lelaki. Situs psychologytoday.com menerangkan bahwa banyaknya pria yang malas meminta maaf disebabkan karena mereka akan merasa harga dirinya dilecehkan, atau setidaknya menurun. Meminta maaf akan membuat orang lain berpikir bahwa dirinya negatif dan memiliki banyak sisi buruk. Meminta maaf akan memperburuk citra diri seorang lelaki. Jika seorang pria bersalah dan Ia meminta maaf, maka Ia khawatir orang lain akan merendahkannya. Jadi, meskipun mereka bersalah, belum tentu mereka akan minta maaf.

Sering kali para pria merasa apa yang dilakukannya sudah benar. Pasangannya marah bukan karena pria ini bersalah, tetapi karena si wanita yang terlalu melebih-lebihkan situasi. Lalu pria pun berpikir, “Ah, nanti juga kemarahannya akan reda. Dia hanya sedang terbawa emosi.” Semakin sering berpikir demikian, maka akan semakin jauh pula jarak  antara pasangan. Akan ada fase ketika wanita merasa lelah dan tidak pernah didengar. Ia tidak hanya akan ngambek, tetapi bisa memutuskan hubungan. 
Image Credit By mam2nur.blogspot.com
Berdasarkan penelitian Dr. Dennise Dellarosa Cummins,  keengganan pria untuk meminta maaf telah memicu banyaknya kasus perceraian. Para wanita merasa hubungannya sudah terlalu banyak diisi dengan pertikaian. Para wanita sudah lebih banyak meminta maaf. Sementara, para pria lebih banyak menyalahkan. Kurangnya kesadaran pria ini membuat banyak wanita putus asa, berpikir bahwa suaminya sudah tidak menghargai hubungan tersebut, dan perceraian adalah solusi terbaik untuk pasangan yang sudah tidak bisa saling menghormati.
Dalam suatu konflik, tidak ada pihak yang benar-benar salah, dan tidak ada yang benar-benar benar. Seberapa dewasakah seseorang dalam menyikapi karakter pasangannya ditentukan salah satunya oleh kesediannya untuk meminta maaf terlebih dahulu. Ketika seorang pria merasa tidak bersalah, tetapi meminta maaf terlebih dahulu atas persoalan yang terjadi berarti menghargai pemikiran, pendapat, dan keberadaan pasangan.
"Seharusnya cinta saling memaafkan meskipun cinta tak mungkin salah"
- Dian Nafi, Just in Love -
Meminta maaf tidak hanya akan membuat hati merasa lebih tenang, tetapi juga membuat orang lain merasa nyaman. Wanita yang mendengarkan lelakinya meminta maaf, memang akan bersikap seolah-olah dia masih tetap marah. Tapi, dalam hatinya ia merasa jauh lebih baik.

Meminta maaf pada dasarnya bukan semata-mata karena rasa bersalah. Meminta maaf adalah bentuk kepedulian kita terhadap pasangan. Permintaan maaf merupakan wujud penyesalan atas kesalahan yang kita lakukan. Jangan hanya menyesal atas kesalahan yang disengaja, tetapi juga kesalahan yang tidak disengaja.

Lelaki yang sangat jarang meminta maaf dan tidak merasa bersalah akan mendapatkan label buruk dari pasangan maupun orang lain. Seperti yang kita tahu, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Begitu juga dengan kita. Perempuan manapun akan jauh lebih menyayangi dan menghargai pasangannya yang mau meminta maaf, tentu dengan catatan pasangannya tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To