PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


christa
christa
Member since:
July 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

Kunci Kreativitas Dari Para Seniman

Published : 7 January 2015
|
1.470
0
0
|
Kreativitas itu bisa datang dari mana saja. Tapi, ada saatnya kita merasa sudah tidak bisa mengeluarkan daya kreativitas. Entah karena kehabisan ide, sulit berpikir, atau apa. Lalu bagaimana caranya agar bisa kreatif seperti orang-orang yang sudah melahirkan banyak karya? Yah, tentu kita harus belajar banyak dari mereka, salah satu caranya adalah dengan mengikuti nasihatnya.

1. Trey Speegle (Mixed-media artist)
"You have to set up the narrow parameters that you work in, and then within those, give yourself just enough room to be free and play."
- Trey Speegle -
Kita tidak perlu muluk-muluk menargetkan karya yang besar. Karena sesungguhnya karya yang berhasil adalah karya yang tuntas/selesai. Orang yang kreatif bukanlah orang yang memiliki ide, tetapi orang yang menghasilkan karya. Buat apa menginginkan hasil yang luar biasa, tetapi sulit diwujudkan?

2. Aris Moore (multidisciplinary artist)
"When I am stuck … I just search for excitement, but not too hard. It is when I find myself playing more than trying that I find my way out of a block"
- Aris Moore -
Ide-ide kreatif bisa datang pada saat-saat tertentu, salah satunya saat kita sedang senang. Imajinasi akan mengalir lebih liar dan menunggu diwujudkan. Buatlah diri sendiri menjadi senang dengan melakukan apapun yang diinginkan. Akan ada saatnya ide itu tiba-tiba datang.

3. Lisa Gologhtly (painter)

Inti dari seni adalah kebebasan berkarya. Jika kita sudah membebaskan diri kita untuk berkreasi, tanpa melulu mengikuti konsep dan pakem, maka kita akan lebih tenang dan nyaman dalam berkarya. Karena sering kali yang menghambat kreativitas adalah batasan-batasan dalam aturan maupun konsep. Padahal, karya yang besar adalah karya yang menciptakan konsep, bukan mengikuti konsep. Dan yang lebih penting lagi, kita harus terus mencoba, daripada tidak berkarya sama sekali.

4. Lisa Congdon (illustrator)

Seniman yang satu ini memberi wejangan tentang pentingnya latihan secara terus menerus. Misalnya kita adalah desainer pakaian yang sedang kehabisan ide. Buat saja desain kemeja dengan berbagai model. Yang kerahnya menghadap samping kanan, samping kiri, ke belakang, yang kancing bajunya lurus, menyamping, sedikti, dan seterusnya. Tambahkan detail-detail kecil yang berbeda, maka itu sudah menjadi karya yang berbeda. mudah, bukan?

5. Ben Skinner (mixed media artist)

Tips selanjutnya datang dari seniman kontemporer populer, Ben Skinner. Ben bukan tipe orang yang percaya pada aliran ‘the power of kepepet’. Dalam keadaan kepepet, orang tidak bisa berkreasi dengan baik selain memunculkan pelarian. Untuk memicu kreativitas, pikiran harus tenang. Kreativitas yang dipaksa oleh deadline maupun situasi adalah pemerkosaan imajinasi. Jadi, ketika pikiran kita buntu, tidak tahu lagi harus membuat apa, maka kita harus menenangkan pikiran setenang mungkin, tanpa ada distraksi apapun.

6. Amanda Happe (home stuff artist)
"It’s one of the most beautiful things about doing this — you don’t have to care. No one gets to have their say and have it stick. No one can wrestle the pencil out of your hand. You get to keep going in absolute defiance."
- Amanda Happe -
Nasihat dari Amanda adalah nasihat yang paling baik dan ampuh untuk meningkatkan kreativitas. Dalam berkreasi, kita tidak harus peduli pada apa kata orang nantinya. Penghambat utama seseorang dalam berkreasi adalah pertanyaan “Apakah nanti orang-orang akan suka? Apakah mereka akan meledek karya saya?”

Memang sebagian dari kita bekerja dan mencari nafkah dengan ini. Kita harus bisa memunculkan makanan yang disukai banyak orang agar laris di pasaran. Tapi sebelum itu, yang paling penting adalah memuaskan keinginan diri sendiri, tanpa perlu peduli dengan apa yang diinginkan orang lain.
 
Semoga nasihat-nasihat di atas bisa membuat kita lebih percaya diri dalam berkarya. Ingat, lebih baik satu karya yang gagal daripada ide brilian yang tidak terealisasi. Selamat berkarya!

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
Temukan pekerjaan yang sesuaid dengan passionmu
by merryriana
Motivation

Apakah Pekerjaanmu Saat Ini Sesuai Dengan Passionmu?
Image Credit by merryriana
17.525
0
0
 
Plan your money, Plan Your Life. And Live your best life for Indonesia
by merryriana
Motivation

Plan Your Money Plan Your Life
Image Credit by merryriana
14.257
0
0
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To