PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


lubissa
lubissa
Member since:
May 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

Start Writing Today!

Published : 15 July 2014
|
1.231
0
0
|

Menulis itu mudah dan simple. Pernyataan seperti itulah yang sering saya dengar dari penulis-penulis handal. Penulis yang sudah menerbitkan berbagai judul buku. Tapi kenyataannya memang tidak semudah seperti menyalin catatan guru di papan tulis. Atau merangkum pelajaran dari buku paket pelajaran sekolah. Dulu setiap saya mencoba untuk menulis, tidak jarang saya hanya menyisakan kertas kosong tanpa tulisan apapun. Terkadang saya mencoba mencari inspirasi dengan mendengarkan musik tapi saya malah mengantuk tanpa menghasilkan tulisan apapun.

Saya berpikir mungkin yang bisa menghasilkan tulisan bagus hanya mereka yang belajar tentang dunia sastra. Atau mereka yang mempunyai segudang pengalaman sehingga dituangkan lewat tulisan. Atau mereka yang memang sudah hobi dan mencintai dunia tulis menulis. Sedangkan saya merasa pengalaman saya terlalu biasa dan tidak menarik untuk ditulis. Apalagi tentang dunia sastra, saya hanya mempelajarinya di pelajaran bahasa Indonesia sewaktu sekolah. Lalu kenapa saya ingin menulis?

Setiap selesai membaca buku, saya terinspirasi untuk membuat buku yang ceritanya lebih bagus dari buku tersebut. Dan itulah yang menyebabkan saya sering berimajinasi menciptakan sebuah film yang berputar di pikiran saya saja. Hingga suatu hari saya merasa pikiran ini sudah terlalu penuh dengan ide-ide cerita tanpa judul yang pasti. Dan hal itu yang menyebabkan saya ingin suatu hari bisa menuangkannya dalam sebuah tulisan dan dibaca banyak orang. Sampai sekarang memang belum terealisasikan buku karangan saya tersebut tapi ada sedikit kemajuan yang saya alami.

Saya mulai menyadari bahwa menulis memang mudah. Selain saya, pasti masih banyak dari teman-teman yang mempunyai keinginan menjadi penulis. Sudah berapa lamakah keinginan itu ada? Dan sudah berapa kali mencoba untuk menulis sesuatu?

Kita tidak harus pintar menulis, yang terpenting kita bisa menulis.

Semua orang pasti bisa menulis. Karena hal pertama yang dipelajari saat masuk sekolah dasar adalah bagaimana caranya membaca, menulis dan berhitung. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa menulis itu ada tekniknya bukan hanya sekedar menulis saja. Pendapat tersebut ada benarnya, tapi bagi saya teknik itu akan muncul setelah kita mencoba untuk terbiasa menulis. Setiap orang terkadang mempunyai teknik yang berbeda-beda. Dan yang pasti teknik yang digunakan membuat tulisan menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Menulis tidak perlu pintar menyusun kata-kata atau mempunyai ilmu pengetahuan yang banyak. Mulailah dari menulis pengalaman sendiri. Setiap pengalaman yang terjadi pada hidup kita, bisa kita tuangkan dalam tulisan. Saya rasa tidak ada kesulitan untuk menulis pengalaman sendiri. Tidak perlu memperhatikan gaya bahasa terlebih dahulu, tulis saja sesuai apa yang kita pikirkan. Yang terpenting tulisan tersebut dapat dimengerti saat kita membacanya ulang. Apabila ingin mempublikasikan kepada orang lain, jangan pernah ragu untuk melakukannya. Terkadang pengalaman yang menurut kita biasa saja, orang lain yang membacanya belum tentu sependapat dengan kita. Dari pengalaman kita, orang lain bisa mengambil nilai-nilai positif yang akan memberi makna pada hidupnya. Pengetahuan yang kita miliki juga belum tentu dimiliki orang lain. Jadi cobalah menuliskannya agar pengetahuan tersebut terus kita ingat dan memberi manfaat pada orang lain.

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Dimana lewat pengalaman, kita bisa lebih banyak belajar. Belajar untuk melakukan hal-hal baik kembali yang dulu telah dilakukan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dan menceritakan kembali dalam tulisan adalah salah satu cara untuk menyimpan sebuah pelajaran hidup. Kita tidak bisa mengingat seluruh kejadian yang telah terjadi. Oleh karena itu tulisan akan membantu kita untuk mengingatnya agar pelajaran positif yang kita dapat terus diterapkan.

Image Credit By aziaazmi.com

Semangat untuk menulis sangat diperlukan. Bukan hanya menulis saja tapi semua hal pasti diperlukan semangat. Agar hasilnya tidak mengecewakan. Pada awalnya, mungkin kita merasa berat untuk menulis. Dan ingin tidak menyelesaikan tulisan yang sudah dimulai. Cukup teruskan saja dengan kata-kata yang terlintas di pikiran kita. Pada akhirnya kita pasti akan mengoreksi kembali tulisan kita, tapi disaat kita sudah menyelesaikannya akan terbit rasa senang pada diri sendiri karena berhasil menciptakan suatu hal baru. Penulis yang sudah mempunyai banyak karya, tidak merasakan kesuksesannya dalam sekali atau dua kali tulisan saja. Tentu mereka menggunakan waktu luangnya untuk terus menulis walaupun hanya tulisan singkat.

"Kesuksesan datang tidak dengan cara tiba-tiba. Tapi seberapa konsisten kita melakukan hal baik untuk mencapai kesuksesan itu."
- Anonim -

Setiap orang pasti menginginkan tulisannya bagus dan memiliki ciri khas sendiri. Agar hal itu bisa terwujud yang diperlukan adakah konsisten dalam menulis. Rasa senang dan suka terhadap suatu hal atau pekerjaan diakibatkan karena kita melakukannya secara terus menerus. Begitu juga dengan menulis, awalnya kita akan menganggap hanya sebagai hobi atau kebiasaan baru. Tapi seiring berjalannya waktu dan kita terus konsisten menulis. Ada satu waktu dimana kita menganggap menulis bukan sekedar hobi saja tapi suatu kebutuhan yang harus dilakukan.

Menulis juga merupakan satu cara untuk meredam emosi kita. Saat ada suatu hal yang memancing emosi kita keluar, lebih baik kita menuangkan semua kekesalan kita pada tulisan. Hal itu lebih baik daripada kita membuang energi untuk menumpahkan amarah pada orang lain atau mengeluh sepanjang hari.

Tidak semua orang ingin menjadi seorang penulis. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba menulis. Baik tulisan tersebut hanya untuk disimpan saja atau dibagikan kepada orang lain. Apabila kita membagikannya kepada orang lain bisa menimbulkan semangat, inovasi, inspirasi dan pengetahuan baru pada pembacanya. Dan hal itu merupakan suatu tindakan baik untuk memajukan orang lain.

Setiap selesai menulis, baca ulang tulisan kita. Koreksi tulisan kita kembali untuk membuang kata atau kalimat yang mungkin tidak seharusnya digunakan. Agar tulisan kita berkembang, perbanyak baca buku dan konsultasi dengan orang lain. Dari buku, kita bisa belajar teknik, gaya bahasa atau konsep baru dalam menulis. Serta bisa menemukan satu bahan yang bisa dikembangkan sendiri lewat tulisan kita. Mintalah orang tua, saudara atau teman kita untuk membaca tulisan kita. Saran dari mereka sangat diperlukan untuk perkembangan tulisan kita, jadi jangan takut untuk menerima kritik dan saran.

"Orang yang terlebih dahulu terinspirasi dengan tulisan kita adalah diri sendiri. Orang lain tidak akan menemukan makna yang tersembunyi dalam tulisan kita bila kita tidak menemukannya terlebih dahulu. Kebahagiaan saat ini bisa kita dapatkan kembali di masa depan bila kita mencoba untuk menulisnya."
- anonim -
Image Credit By uniqpost.com
Menulis juga merupakan salah satu cara untuk menimbulkan keyakinan pada diri sendiri. Setiap orang memiliki berbagai macam ide dan pikiran yang berbeda-beda. Dan perbedaan itu akan menjadi indah bila kita saling membagikannya dalam beberapa paragraf yang kita susun sendiri. So, let's try to write something and anything that is positive!

Rate this article:
(1.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

Berikut ini 7 quote inspirasi Walt Disney
by ResHan
Life Style

Bangun Mimpimu! 7 Quotes Inspirasi Walt Disney
Image Credit by ResHan
26.521
0
0
 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To