PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


Yosephine
Yosephine
Member since:
January 2014
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

Sudah Siap Membeli Mobil Impian?

Published : 14 December 2015
|
17.832
0
0
|
Mobil saat ini bukanlah merupakan barang yang mewah, mobil menjadi satu kebutuhan untuk mobilitas yang tinggi. Namun adakalanya pembelian mobil bukan berdasarkan kebutuhan namun hanya keinginan atau ikut-ikutan. Padahal tanpa persiapan yang matang dan benar secara keuangan dalam banyak kasus mobil akhirnya menjadi beban terhadap kondisi keuangan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan terlebih dahulu yaitu :
  • Nilai Mobil
Image Credit By www.sidomi.com
Mobil nilainya turun seiring waktu/depresiasi dan penurunannya cukup signifikan untuk merk-merk mobil yang kurang populer/jarang penggunanya. Jadi perhatikan pemilihan merk & tipe, harga pasaran dan juga ketersediaan service dan suku cadang. Bandingkan beberapa pilihan serupa dikelas yang sama agar kita bisa mendapatkan mobil dengan kualitas dan harga terbaik dikelasnya.
  • Cara Pembelian
Image Credit By www.ummi-onine.com
Membeli mobil bisa dilakukan secara tunai maupun kredit. Jika pembelian dilakukan secara kredit maka akan ada bunga dan biaya-biaya yang dikenakan. Karena itu sebaiknya membeli mobil secara tunai agar tidak terkena bunga atau maksimal cicilan 2 tahun agar jika terkena bunga tidak terlalu besar, ingat nilai mobil turun seiring waktu. Jika mobil ingin dibeli dalam jangka pendek (1-2 tahun) maka persiapan dana dilakukan dengan menabung, namun jika jangka panjang (diatas 3 tahun) maka bisa berinvestasi agar dana yang dialokasikan bisa berkembang.
  • Dana yang harus disiapkan
Image Credit By www.kreditgogo.com
Pada saat membeli mobil yang perlu disiapkan bukan hanya uang sebesar harga mobil tersebut, namun biaya-biaya lainnya yaitu premi asuransi, service berkala, pajak kendaraan/perpanjangan STNK, perawatan, biaya operasional (bensin, tol, parkir), pembelian aksesoris/sparepart. Tanyakan dengan detail biaya-biaya yang harus dibayar sebelum membeli.
  • Kemampuan mencicil
Image Credit By www.bankingsense.com
Jika kita memilih untuk membeli secara kredit maka kita perlu memeriksa kemampuan mencicil atau batas cicilan yang sesuai dengan kemampuan kita. Idealnya cicilan utang maksimal 30% dari penghasilan kita, ini juga yang akan dicek oleh appraisal  bank pada saat kita mengajukan kredit. Kenapa dibatasi? Karena selain membayar cicilan mobil kita juga memiliki kebutuhan/pengeluaran lain yang harus dibayar jadi batas tersebut menjaga agar cicilan utang tidak menjadi beban. Jika kita sudah memiliki kredit lainnya seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah) maka porsi cicilan kredit rumah akan mengurangi porsi 30%, sehingga hanya sisanya yang bisa digunakan untuk cicilan mobil.
  • Tujuan Penggunaan
Image Credit By www.autoingrosstore.com
Mobil bisa digunakan hanya untuk penggunaan pribadi yang menambah pengeluaran/liability atau bisa dijadikan sebagai aset produktif dimana mobil bisa menambah penghasilan seperti disewakan atau dijadikan mobil operasional usaha. Tentukan tujuan penggunaan mobil sehingga keputusan membeli mobil lebih bijak.
  • Kondisi Mobil
Image Credit By www.carmudi.co.id
Kita bisa membeli mobil baru atau mobil bekas. Kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika membeli mobil baru kondisi mobil lebih terjamin karena kita adalah pengguna pertama, kita mendapatkan service gratis sampai dengan kilometer tertentu, dan biasanya ada banyak hadiah/promo pada saat membeli mobil baru terutama saat pameran mobil. Namun semuanya itu harus kita bayar dengan harganya yang lebih tinggi dibandingkan membeli mobil bekas. Tidak semua mobil bekas yang dijual karena kondisinya buruk, bisa jadi pemiliknya ingin mengganti dengan mobil yang baru atau karena butuh uang. Karena itu jika ingin membeli mobil bekas sebaiknya dari tangan pertama dan cek kondisi mobil, tahunnya jangan terlalu lama sebaiknya tidak lebih dari 5 tahun, kecuali bagi anda yang memang menyukai mobil tahun lama. Mobil bekas harganya bisa jauh lebih murah dibanding mobil baru, karena pada saat mobil dibeli dan keluar dari dealer nilainya juga langsung turun. Jadi jika kita pandai memilih kita bisa mendapatkan mobil bekas, dengan harga dan kualitas yang bagus. Jika kita tidak mengerti mobil atau mengenal seseorang yang mengerti mobil maka sebaiknya membeli mobil baru, karena ada mobil yang dijual pemiliknya karena mobilnya sudah sering mogok, pernah kecelakaan, atau karena masalah lainnya.

Semoga tips yang diberikan bermanfaat dan bisa dipraktekkan, sehingga pembelian mobil benar-benar sesuai dengan kebutuhan, kondisi keuangan dan bahkan bisa menjadi aset yang produktif!


Yosephine P. Tyas, S.Kom, MM, CFP®

Certified Financial Planner




Cover picture courtesy of carloansbadcredithistoryblog.wordpress.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

Berikut ini 7 quote inspirasi Walt Disney
by ResHan
Life Style

Bangun Mimpimu! 7 Quotes Inspirasi Walt Disney
Image Credit by ResHan
24.911
0
0
 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To