PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


lubissa
lubissa
Member since:
May 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

The Leadership is You

Published : 30 June 2014
|
835
0
0
|

Indonesia saat ini sedang digencarkan oleh pemilihan umum presiden yang akan dilaksanakan bulan Juli nanti. Para partisipan calon presiden sibuk berkampanye meneriakkan nama presiden pilihan mereka. Saya turut berharap semoga presiden yang akan menang nantinya akan bekerja dengan hati nurani menjadikan Indonesia lebih maju dan makmur. Pergantian pemimpin negara dari zaman Soekarno sampai sekarang telah banyak membuat Indonesia bangkit kembali. Biarpun masih ada beberapa hal yang harus segera dikaji dan diselesaikan lagi.

Presiden adalah pemimpin negara yang memiliki peran penting bagi negaranya. Tanpa pemimpin, negara akan kacau dan tidak teratur. Peraturan tidak berjalan tertib dan lancar serta tidak ada koordinasi yang baik untuk membangun negeri.

Sekarang saya ingin bertanya kepada teman-teman. Pernahkan teman-teman ditunjuk untuk menjadi ketua kelas saat masih sekolah dulu? Atau mungkin saat ini sedang menjabat sebagai ketua kelas, OSIS,Rohis atau organisasi lain? Bagaimana rasanya menjadi ketua?

Ketua kelas atau organisasi adalah bentuk kepemimpinan di ruang lingkup yang kecil. Ruang lingkup yang lebih besar saat  memasuki dunia kerja dan mempunyai beberapa karyawan yang membantu tugas kita. Semakin kita menaiki jenjang karir, kita akan bertemu ruang lingkup lain yang akan semakin besar. Kunci keberhasilan agar bisa memasuki lingkup kecil maupun yang lebih besar berasal dari lingkup yang terdapat pada diri kita sendiri.

Jiwa pemimpin terlahir dari diri sendiri lewat keberhasilan memimpin dirinya untuk menjadi baik dan benar terlebih dahulu.

Semua orang di dalam dirinya terdapat jiwa dan potensi sebagai pemimpin. Hanya saja kadang kita tidak pernah menyadarinya. Sebelum kita bisa memimpin orang lain, kita harus bisa memimpin diri sendiri. Memimpin tubuh, jiwa dan raga kita untuk melakukan hal baik dan benar.

Gerakkan tubuh kita hanya untuk tindakan-tindakan positif saja. Melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Teguhkan hati kita agar selalu tenang dan mengingat Allah SWT. Berikan dukungan terhadap diri sendiri lewat jiwa yang selalu berpikiran positif. Yakinkan diri kita sendiri bahwa setiap cobaan dan masalah selalu ada solusinya.

Dengan percaya pada kemampuan diri sendiri dan menunjukkannya dalam tindakan, kita sudah berusaha mengeluarkan jiwa kepemimpinan yang sebenarnya terdapat dalam diri kita. Mungkin kita tidak menyadarinya tapi orang lain akan melihatnya. Sehingga kita menjadi pertimbangan agar memimpin suatu organisasi atau perusahaan.

Pemimpin berhasil tidak harus berhasil memimpin suatu organisasi, kelompok, negara, perusahaan dan yang lain sebagainya. Kita tidak perlu seperti orang lain yang mempunyai jiwa kepemimpinan bagus. Kita cukup mengawalinya dengan memimpin diri sendiri untuk melakukan perubahan positif, selalu berakhlak mulia dan tegas kepada diri sendiri. Jika kita sudah berhasil mengelola diri sendiri, untuk menjadi pemimpin di luar sana pasti mampu kita laksanakan dengan baik.

Seorang pemimpin adalah orang yang melihat lebih banyak dari pada yang dilihat orang lain,melihat lebih jauh dari pada yang dilihat orang lain dan melihat sebelum orang lain melihat
(Leroy Eims)

Memimpin orang lain merupakan sebuah tantangan dan mungkin lebih sulit. Karena kita harus menyesusaikan dengan kepribadian dan kemauan mereka. Tapi percayalah semuanya akan tampak mudah kalau kita sebut itu sebagai peluang. Peluang untuk membawa kemajuan bersama-sama. Dan bila selama ini kita mengerjakan semuanya sendiri. Kini dengan mereka bisa melakukan perubahan positif yang lebih besar daripada saat kita sendiri.

Jangan hanya menjadi seorang follower atau pengikut saja. Berhenti mengikuti arus hidup orang lain. Mulai dari sekarang ciptakan inovasi sendiri tanpa berhenti belajar dari orang lain. Kita bisa meniru apa yang dilakukan teman kita asalkan itu tindakan positif. Belajar dari orang lain dan menerapkannya dengan sedikit perbedaan itu jauh lebih baik. Mulailah membuat diri kita baik dan benar terlebih dahulu. Mulailah melakukan perubahan positif besar dalam hidup kita untuk membangkitkan orang lain melakukan yang sama. Mulailah menghargai diri sendiri bahwa kita memiliki kemampuan yang luar biasa.

Ada sebuah kalimat bijak yang seseorang sampaikan kepada saya yaitu :

Kita tidak perlu mengubah negara, kota, lingkungan dan keluarga kita menjadi lebih baik. Tapi yang kita perlukan hanyalah mengubah diri sendiri menjadi lebih baik dan benar. Sehingga tindakan kita bisa mengubah keluarga, lingkungan, kota dan negara kita.

Setiap jiwa di dunia ini adalah pemimpin. Tapi mereka tidak akan pernah tahu sebelum memulai melakukan perubahan pada dirinya sendiri.


Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
3 tips untuk mengenali potensi dirimu agar mimpimu bisa terwujud.
by anitanisa
Self Developments

Mengenali dan Memaksimalkan Potensi Diri
Image Credit by andrea
62.739
0
0
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To