PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


kaursarnabil
Member since:
November 2017
Member Level :
Member 1

Tidak Dapat Pekerjaan, Mungkin Kamu Harus Jadi Pengusaha?

Published : 25 April 2018
|
63
0
0
|
Selamat pagi, siang, sore dan malam para pekerja yang ada di Bumi!
Selamat bagi kalian, salah satu dari jutaan penduduk bumi yang merupakan seorang pekerja. Selamat kepada kamu yang sudah memiliki pekerjaan dan terhindar dari 30%  pengangguran kategori muda dengan standar usia 15-24 tahun di Indonesia. Beruntungkan? Tentu saja “sangat”!

Orang tua sebelum kita pasti sudah mengetahui mengenai fakta lapangan pekerjaan yang semakin terbuka pada masa pemerintahan Orde Baru, pembangunan ekonomi mampu menambah banyak sekali pekerjaan baru di Indonesia. Sehingga bisa dan mampu mengurangi angka pengangguran secara nasional.

Jadi? Tentulah bagi mereka yang mulai bosan menjadi seorang pengangguran banyak sekali peluangnya. Beruntungkan?

Namun, faktanya lagi peluang besar tidak sepenuhnya mudah di ambil. Karena lapangan pekerjaan yang semakin dibutuhkan ternyata memerlukan persyaratan yang lebih tinggi.

Kalau zaman dulu seorang yang lulusan SD saja bisa menjadi PNS, tapi sekarang minimalnya harus lulusan S1, peluang besar yang semakin dikerucutkan bukan? Atau misalnya, zaman dulu pekerjaan dengan kebutuhan tenaga manusia sangat dibutuhkan, tapi sekarang sudah ada mesin yang dianggap praktis oleh para pengusaha. Yang terpenting, bisa menemukan seorang yang ahli dalam pengoprasian mesinnya (jika dibutuhkan), dan itu juga hanya bisa dilakukan oleh orang dengan skill tertentu.
Image Credit By google
Ya, artinya peluang yang semakin besar tidak berarti mudah dengan begitu saja mengambilnya. Peluang besar, semakin kerucut, semakin spesifik. Mereka yang lulusan SD, SMP, atau SMA mulai tereliminasi dari sistem “syarat mutlak jadi pegawai.” Bahkan yang lulusan S1, S2 saja belum tentu bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan selepas lulus.

Hmm, apakah kamu salah satu yang mengalami kesulitan dalam mengambil peluang pekerjaan tersebut?

Sudah melamar ke puluhan bahkan ratusan perusahaan tapi tidak ada hasilnya. Kamu mungkin mulai lelah dan berpikir, apa yang salah? Padahal saya seorang sarjana?

Sebagian orang mungkin merasa malu karena tak kunjung mendapatkan kesibukan dalam karirnya selepas lulus.

Mereka yang mulai masuk kategori “sarjana nganggur”, menarik diri dari kehidupan sosialnya karena malu dan muak dengan pertanyaan “sudah bekerja?”

Bagi kamu yang mulai memasuki perasaan putus asa, pernahkah kamu berpikir dengan sudut pandang lain mengenai sebuah peluang? Seperti, “Mungkin, peluang saya bukan bekerja pada orang lain, tapi mempekerjakan orang lain dengan membuka sebuah usaha?”

Pernah berpikir demikian? Atau kalau belum cobalah untuk memikirkan hal tersebut.

Yap! Mungkin ini saatnya kamu menjadi seorang entrepreneur, menjadi seorang pengusaha muda, bukan lagi menjadi seorang pencari kerja.

Beberapa hal ini bisa memantapkan kamu untuk mulai berpikir menjadi seorang entrepreneur:

Percaya pada diri sendiri, bahwa semuanya mungkin dan kamu dapat melakukannya

Hal yang paling penting harus kamu tanamkan adalah kamu mempercayai dirimu sendiri. Kamu yakin potensi dirimu lebih besar, jangan merasa gagal karena penolakan perusahaan atas CV kamu. Segala sesuatunya mungkin saja terjadi. Rasa percaya pada diri sendiri bisa memberikan solusi lebih baik dari masalah yang sedang kamu hadapi.

Kamu juga bisa mulai meyakini peluang besar dibalik penolakan lamaran kerjamu. Itu mungkin adalah salah satu cara Tuhan membantu kamu untuk mulai berpikir menjadi seorang pengusaha.

Memberikan apresiasi walaupun itu kecil

Apakah apresiasi itu penting? Ya, meskipun hanya mengatakan “terimakasih” baik pada diri sendiri atau orang lain itu sangat penting. Dengan memberikan apresiasi, kamu bisa lebih menghargai diri sendiri, dan usaha yang sudah kamu lakukan sejauh ini. Dengan memberikan apresiasi artinya kamu tidak hanya diam saja, kamu ternyata sudah bergerak dan berusaha semampumu.

Cari tau apa usaha yang kamu minati

Oke, sekarang saatnya kamu melangkah keluar dari rasa keterpurukan karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Kamu bisa mulai mencari tahu, mungkin ada bidang yang kamu minati? Fashion, kuliner, atau yang lainnya. Atau mungkin ada hobi yang jika dipikirkan lagi bisa memberikan peluang usaha untuk kamu.

Sharing dengan orang terdekat

Ya, sebaiknya kamu juga meminta saran pada orang-orang terdekat. Mengobrol dengan orang lain biasanya akan semakin membuka pikiranmu. Usahakan, kamu bisa mencari teman sharing yang mengerti kondisi kamu ya, agar bisa mendukung dan memberikan masukan yang pas.
Image Credit By google
Percayalah bahwa potensimu lebih besar dibandingkan kegagalan yang pernah kamu alami. Hindari kebiasaan mengeluh karena itu malah akan menjadi “penyakit mental” yang membuat kamu semakin terpuruk.

Rate this article:
(0.00 out of 5)

ARTICLE TAGS

Business Ideas

RELATED ARTICLES

Bagi seorang pemula di dunia freelancer, biasanya muncul pertanyaan ‘Bagaimana caranya mendapatkan klien & bersaing dengan freelancer lain? berikut ini tipsnya
by AniMotivasi
Self Developments

Bagi Para Pemula Freelancer Lakukan 4 Hal Ini Untuk Menarik Klien Datang!
Image Credit by AniMotivasi
26.073
0
0
 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To