PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


lubissa
lubissa
Member since:
May 2014
Member Level :
Member 1 Member 2

Tips For Successful Presentations (3)

Published : 26 June 2014
|
270
1
0
|

Di artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang tahapan dan cara belajar presentasi. Ada Beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum melakukan presentasi. Hal tersebut antara lain:

1.Keyakinan

Mengapa keyakinan saya taruh di bagian pertama? Karena kita harus yakin terlebih dahulu baru bisa memulai. Memulai tanpa keyakinan membuat hal yang kita lakukan tidak berjalan lancar. Dalam melakukan segala hal kita harus yakin pada diri kita sendiri. Begitu juga halnya dengan presentasi. Apabila materi sudah dipersiapkan dengan baik. Tetapi keyakinan kita berkurang terhadap diri sendiri, kita tidak bisa memberikan presentasi yang terbaik. Selain yakin pada diri sendiri, kita juga harus yakin pada produk, jasa atau peluang yang akan kita tawarkan. Menyakini bahwa apa yang kita tawarkan akan bermanfaat bagi orang lain.

Untuk membuat keyakinan kita bertambah, pikirkan tentang hal-hal positif saja yang kita inginkan. Perasaan takut ditolak pasti ada. Tapi bila kita hanya fokus memikirkan penolakan akan mengurangi konsentrasi kita dalam menyampaikan presentasi. Menstimulasi diri sendiri dengan perkataan positif sangat disarankan. Contohnya, sebelum presentasi sempatkanlah berdiri di depan kaca. Lalu tersenyum dan katakan dengan penuh semangat pada diri sendiri, "yess....hari ini saya berhasil."

Mengatakan bahwa kita telah berhasil padahal presentasi belum dimulai bisa membangkitkan semangat kita agar mengeluarkan semua kemampuan yang kita punya.

Confidence is the main foundation for success.

2. Memahami materi presentasi

Memahami bukan berarti harus menghapal bahan presentasi. Bila yang kita presentasikan adalah sebuah produk atau jasa. Kita harus tahu keunggulan produk atau jasa kita dibanding yang lain dan apa saja manfaat yang akan didapatkan bila memakai produk atau jasa kita.

Sedangkan bila kita menawarkan sebuah peluang bisnis untuk membangun kerja sama. Kita harus tahu apa saja keuntungan yang akan didapatkan oleh pihak yang kita ajak kerjasama. Serta beberapa kesepakatan saat menjalankan bisnis. Kesepakatan harus dibuat adil agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Perusahaan biasanya akan memberikan training terlebih dahulu tentang materi yang akan disampaikan saat presentasi. Di situ kita bisa bertanya yang berkaitan dengan bahan presentasi untuk memperdalam pengetahuan kita. Dan training tersebut biasanya diadakan secara berkala. Sehingga masalah yang kita temui saat presentasi sebelumnya bisa kita tanyakan solusinya.

Sebelum presentasi dimulai ada baiknya kita mempersiapkan media dan alat yang menunjang presentasi kita. Pastikan media seperti laptop terisi penuh baterainya dan proyektor bisa nyala apabila memang memerlukannya. Dan jangan lupa menggetarkan atau mematikan handphone. Mintalah prospek untuk melakukan hal yang sama. Bila tiba-tiba handphone berbunyi di tengah presentasi, akan memecah konsentrasi satu sama lain. Bolpoint dan kertas juga diperlukan apabila kita hanya menghadapi satu atau dua orang prospek.

3. Berpenampilan sopan, nyaman dan menarik

Penampilan juga mempengaruhi jalannya presentasi. Saat presentasi sebaiknya menggunakan pakaian yang sopan dan formal, kecuali bila perusahaan memberikan seragam khusus. Pakailah pakaian yang pas dengan badan kita. Hindari pakaian yang terlalu sempit dan ketat atau yang kebesaran karena akan sangat mengganggu kita saat menyampaikan presentasi.

Bagi kaum wanita tidak perlu berdandan yang berlebihan agar terlihat menarik. Kita bisa menghias rambut, kerudung, baju dengan memakaikan bros atau pita yang tidak terlalu mencolok. Wanita sangat suka memakai sepatu highhells, usahakan jangan yang terlalu tinggi tetapi juga tidak terlalu rendah.

Sedangkan pria cukup memberi gel pada rambutnya agar tidak kusut serta mengenakan sepatu pantofel hitam yang bersih. Perhatikan juga bau badan kita. Mungkin kita tidak merasa bahwa kita bau badan. Tetapi kadang orang lain lebih peka terhadap bau kita. Agar orang lain merasa nyaman dengan kita, sebelum presentasi sebaiknya kita memakai deodorant dan parfum.

4.Tepat waktu

Mata uang kita bukan dolar. Bukan juga rupiah tetapi adalah waktu.

Dalam membuat janji presentasi, tekankan kepada prospek kita untuk datang tepat waktu. Begitu juga dengan kita, sebaiknya datang lebih awal dari waktu yang dijanjikan. Datang tepat waktu melatih diri kita untuk disiplin. Serta berjalannya presentasi akan lancar dan dalam pengambilan keputusan lebih cepat. Bila salah satu dari kita terlambat sedangkan mungkin kita masih ada janji lain. Presentasi yang kita bawakan akan terburu-buru dan hasil pun kurang maksimal.

Menghargai waktu seperti kita menghargai nilai mata uang. Uang akan sangat berharga saat kita tiba-tiba terkena suatu musibah buruk. Begitu juga dengan waktu. Ia akan sangat berharga bila kita sedang dikejar janji atau deadline lain.

Time is money so use it wisely!

Hal-hal tersebut di atas kadang terabaikan dan tidak terlalu kita perhatikan. Padahal hal tersebut juga mendukung jalannya presentasi. Berikan persiapan yang terbaik untuk presentasi kita. Maka hasil yang kita terima tidak beda jauh dengan yang kita siapkan.

Prepare your presentation and do the best with your potentional! Selamat berpresentasi. :)


Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
 

COMMENTS

1 Comments
You have to log in or register to comment, like, and rate article
ning_cening
07 July 2014
haii .. pleased read and like back yaaa :) thanks
http://www.arthinkle.com/articles/detail/a-hug-reduce-your-stress
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To