PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.


ABOUT USER


Yuanata
Yuanata
Member since:
November 2014
Member Level :
Member 1

Tips Ice Breaking untuk Para Introvert

Published : 10 December 2014
|
3.073
0
0
|

Image Credit By www.kaskus.co.id
Introvert bukanlah orang yang tidak mau bergaul. Orang yang introvert juga bukannya tidak membutuhkan orang lain sama sekali. Sering kali, orang di luar sana mengira orang yang introvert sebagai orang yang sombong, terlalu menutup diri, atau takut pada interaksi. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah mereka hanya memiliki cara yang berbeda untuk menjalin hubungan dan komunikasi dengan orang lain.

Orang introvert membutuhkan me time yang lebih banyak daripada orang-orang yang lebih terbuka. Mereka memiliki lebih banyak pertimbangan sebelum mengambil keputusan dan bertindak. Hal inilah yang membuat orang introvert sering merasa canggung saat berkomunikasi dan terlalu khawatir bahwa responnya tidak positif, sehingga suasana jadi makin kaku. Tidak tahu harus berbuat apa.

Nah, untuk mengatasi kecanggungan dalam komunikasi inilah, perlu yang namanya ice breaking. Berikut ini beberapa trik yang bisa diterapkan :

1. Manajemen ekspektasi

Orang introvert memang tidak pandai bercanda, apalagi dengan orang baru. Apalagi jika di tempat yang membuat mereka agak tidak nyaman atau kurang sesuai dengan minat dan kebiasaan. Jadi, tidak perlu lah terlalu berharap bahwa orang lain akan senang berkomunikasi dengan kita. Tidak perlu membuat orang lain senang. Yang penting, kita bisa ‘klik’ saat ngobrol dengan mereka.

Tidak perlu juga berharap bisa menarik perhatian banyak orang. Berinteraksi dengan satu orang yang ‘pas’ lebih baik daripada ngobrol dengan banyak orang, tapi tidak ada yang membuat nyaman.

2. Persiapan

Sebelum menghadiri acara atau bertemu dengan orang-orang baru, pastikan sudah mempersiapkan topik yang akan dibahas. Hindari topik keakuan. Pilih topik yang lebih umum atau berhubungan dengan acara tersebut. Siapkan pertanyaan yang tidak mengganggu privasi dan bersifat professional. Mengajukan topik yang cerdas, tapi tidak menggurui.  Bila perlu, bisa membaca terlebih dahulu seputar hal-hal yang berkaitan dengan event atau topiknya.

3. Mengatur waktu

Berapa lama akan berada di acara tersebut? Lamanya waktu memengaruhi intensitas komunikasi dengan orang lain. Nggak mungkin kan, hanya ngobrol selama 20 menit, bagaimana jika acaranya sampai 3 jam? Nah, untuk itu perlu atur waktu interaksi. 10-15 menit pertama, perlu melihat situasi sekitar dan mempersiapkan diri.

Menit berikutnya mulai mengobrol dengan 1 atau 2 orang selama 15 menit atau sesuai kondisi orang tersebut. Beri jeda untuk memperhatikan isi acara, lalu lanjutkan dengan obrolan berikutnya. Pilih timing yang pas : ketika ada hal yang menarik dari acara dan pastikan lawan bicara tidak nampak sibuk. Jadi, kita harus siap untuk waktu-waktu tersebut.
Image Credit By iameduard.com
4. Awali dengan pertanyaan

Ini kuncinya mengawali pembicaraan. Kita perlu memancing orang lain untuk terlibat dalam obrolan, yaitu dengan mengajukan pertanyaan. “Sudah berapa lama ikut seminar ini?” atau “Menurut Anda bagaimana seminar ini?” bisa jadi awal yang cukup baik untuk mengajak mereka berinteraksi.

5. Menjadi pendengar yang baik

Jangan sampai karena sudah menyiapkan topik obrolan dan sedang dalam mood untuk ngobrol banyak, lantas kita mengabaikan orang lain. Orang lain lebih senang didengar dan diperhatikan, jadi kita perlu mendengarkan mereka agar bisa diterima dengan baik. Sesekali, kita perlu menimpali dengan persetujuan atau usulan.
Image Credit By time.com
6. Berbagi pengalaman

Cara lain agar tidak terkesan sok tahu dalam berbicara adalah dengan menceritakan pengalaman pribadi yang berhubungan dengan topik acara. Sharing pengalaman adalah topik yang banyak disukai, dan akan menarik orang lain untuk melakukan hal yang sama.
 
Tidak hanya pada acara-acara tertentu, ice breaking ini perlu dibiasakan. Setidaknya, dengan begini tidak terkesan terlalu kaku dan menjaga jarak dengan orang lain.

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
3 tips untuk mengenali potensi dirimu agar mimpimu bisa terwujud.
by anitanisa
Self Developments

Mengenali dan Memaksimalkan Potensi Diri
Image Credit by andrea
62.632
0
0
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To