PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


Inke_zhu
Inke_zhu
Member since:
July 2013
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

Tips Mengatasi Cemas yang Berlebihan

Published : 3 October 2014
|
1.527
0
0
|

Image Credit By sumsel.tribunnews.com
Cemas itu manusiawi. Ketika kita dihadapkan pada situasi genting dan tidak pasti, rasa khawatir pasti muncul. Tetapi sebagian orang di dunia ini memiliki anxiety disorder, yaitu rasa mudah cemas, khawatir berlebihan akan terjadi sesuatu, padahal keadaan baik-baik saja. Sindrom kecemasan adalah bentuk disabilitas yang terjadi sejak kecil dan tetap ada sampai dewasa.

Seperti layaknya penyakit lainnya, selalu ada celah untuk mengatasi sindrom kecemasan ini. Ada berbagai metode terapi yang telah dikembangkan oleh para terapis dan psikolog. Salah satunya adalah Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Untuk yang tidak ingin terikat dengan prosedur dan jadwal terapi, bisa menerapkan tips-tips berikut ini :
1. Merenung dan memikirkan apa yang ada dalam pikiran dan perasaan kita

Pasti ada sebabnya mengapa kita menjadi mudah gelisah dan was-was. Sindrom mudah cemas adalah bentuk ego danger, artinya bahaya yang diciptakan dari dalam diri sendiri. Untuk menghilangkannya tentunya harus dituntaskan dari dalam diri. Saat cemas, seseorang merasa dirinya lemah. Untuk itu, kenali pola pikir diri sendiri.

Pikirkan apa yang akan dilakukan jika berada dalam berbagai situasi buruk. Daftarlah semua hal buruk yang mungkin terjadi, lalu setting apa yang akan dipikirkan dan bagaimana cara menenangkan diri dalam berbagai kondisi tersebut.

2. Menerima

Maksudnya, persiapkan diri kita ketika rasa cemas itu datang. Biarkan Ia mengalir begitu saja, tidak perlu ditahan. Rasa cemas adalah efek dari hormon yang akan bereaksi hanya sementara. Setelah masalah reda, semuanya akan kembali membaik.
Yang perlu dilakukan adalah menahan diri agar tidak melakukan hal-hal bodoh yang bisa memperburuk situasi. Tahan diri sendiri untuk tidak mengambil keputusan atau melakukan apapun sampai pikiran sehat dan perasaan tenang menguasa pikiran.

3. Menyatu dengan ketakutan

Ini cukup sulit dilakukan. Kita harus terbiasa dengan berbagai hal yang membuat kita cemas dan takut. Kita harus terbiasa pada phobia untuk menciptakan keberanian dari dalam diri. Setidaknya ada 2 hal yang membuat kita cemas dan takut, yaitu phobia dan keadaan. Untuk phobia, mungkin masih bisa diatasi dengan menciptakan sendiri kondisinya. Tetapi untuk keadaan, kita harus menunggu sampai situasi itu datang.

4. Membangun kepercayaan diri

Seperti yang sudah disebutkan, kekhawatiran muncul karena diri merasa lemah. Di sisi lain, melawan rasa cemas adalah hal yang melelahkan. Bayangkan bagaimana kita harus melawan diri sendiri dan berusaha menjadi seperti orang lain. Oleh karenanya, diperlukan kepercayaan diri. Bukan untuk menghilangkan kecemasan, tetapi untuk menunjukkan bahwa kita baik-baik saja. Menjadi orang yang mudah cemas bukanlah hal yang sangat buruk. Dengan begini, akan mengurangi sedikit kecemasan kita tentang pandangan orang lain. Biarkan saja rasa cemas itu muncul.

5. Menyadari bahwa otak hanya sedang bermain-main

Yang sering terjadi adalah, orang yang mudah cemas ini tidak menyadari apa yang terjadi pada tubuh dan pikirannya. Mereka tidak mengetahui mengapa bisa cemas. Kecemasan seperti ini bukan karena faktor dari luar, tetapi dari dalam. Bagi yang mudah cemas, ketahuilah bahwa perasaan khawatir itu muncul karena ada masalah dalam tubuh kita sendiri. Perubahan komposisi hormon menyebabkan pikiran menjadi negatif dan mudah resah. Jika kita menyadari ini, kita tidak akan terlalu menyalahkan keadaan dan memikirkan apa yang tengah terjadi.

Kelima hal di atas adalah hal-hal dasar yang perlu dilakukan untuk mengatasi kecemasan. Selebihnya, kita bisa melakukan yoga, meditasi, berdoa atau beribadah secara khusyuk. Memang banyak orang yang menyarankan hal-hal praktis seperti mengatur nafas, self talk dan sebagainya. Sayangnya, semua itu hanya akan mengurangi sedikit, tetap dibutuhkan perubahan pemikiran secara mendasar untuk mengatasinya.

Mulai sekarang jangan cemas berlebihan, ya. Mulailah menerapkan tips-tips di atas.


Cover picture courtesy of health.okezone.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To