PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


herman
herman
Member since:
June 2013
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

Tips untuk Membangun Komunikasi yang Lebih Baik - Bagian 1

Published : 18 July 2013
|
258
0
0
|
"Communication is a skill that you can learn. It's like riding a bicycle or typing. If you're willing to work at it, you can rapidly improve the quality of very part of your life."
- Brian Tracy, an Author -
Komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Komunikasi yang baik adalah kunci untuk memiliki hubungan yang baik dengan orang lain. Ketika kita berkomunikasi dengan baik, maka akan lebih mudah bagi kita untuk memahami orang lain. Orang lain akan merasa dihargai ketika kita berusaha untuk memahami mereka. Mereka juga akan lebih mudah memahami kita ketika kita mampu menjelaskan kebutuhan, harapan, dan keinginan kita dengan baik. Komunikasi yang baik membuat kita bisa lebih memahami orang lain, serta situasi yang terjadi sehingga konflik pun bisa dihindari.

Mendengarkan orang lain

Mendengarkan orang lain itu penting karena ketika seseorang merasa didengar, maka orang tersebut akan merasa lebih dihargai, dimengerti dan diperhatikan. Dengan mendengarkan orang lain, kita sebenarnya seperti sedang membangun sebuah jembatan untuk bisa terhubung (connect) dengan orang lain. Ya, semua orang suka didengarkan! Ketika kita bersikap sebagai seorang pendengar yang baik, guess what? Kita akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang orang tersebut karena orang tersebut merasa nyaman untuk terbuka tentang perasaan, pemikiran, atau bisa juga tentang masalahnya.

Tips untuk Menjadi Pendengar yang Lebih Baik
"To effectively communicate, we must realize that we are all different in the way we perceive the world and use this understanding as a guide to our communication with others."
- Tony Robbins, American Author -
Jangan berasumsi

Secara otomatis kita akan meresponi orang lain berdasarkan cara kita berpikir. Karena setiap orang memiliki cara pikir yang berbeda-beda, hindari membuat asumsi bahwa maksud yang kita tangkap itu 100% benar. Kroscek lagi dengan orang yang bersangkutan untuk memastikan apakah penafsiran kita sudah benar.
Mencari waktu yang tepat
"Satu waktu saya pernah menghadapi masalah di pekerjaan. Terus terang hari itu merupakan hari yang melelahkan bagi saya. Larut malam ketika saya sudah bersiap-siap ingin istirahat, pasangan saya mengajak saya berdiskusi tentang sebuah topik yang cukup berat. Pada waktu itu saya merasa tidak ingin banyak bicara, apalagi untuk berdiskusi. Alhasil, saya dan pasangan pun ribut besar karena saya hanya meresponi seadanya saja. Rasanya lengkap sudah "penderitaan" saya hari itu."
Pelajaran yang bisa kita ambil dari apa yang saya alami adalah untuk menghindari percakapan penting dan topik yang berat dalam keadaan yang sudah lelah. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk membicarakan hal-hal yang penting karena di pagi hari biasanya kita masih fresh. Ketika kita sedang dalam keadaan tenang dan fresh, pikiran kita akan lebih terbuka dan akan lebih mudah bagi kita untuk memahami orang lain dan situasi yang terjadi, dimana pemahaman yang lebih baik akan orang lain atau sebuah situasi merupakan salah satu tujuan dari komunikasi itu sendiri.

Tips untuk Membangun Komunikasi yang Lebih Baik - Bagian 2

Rate this article:
(4.50 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
Anak adalah cerminan orang tua, maka dari itu orang tua bertanggung jawab penuh dalam mendidik anak untuk masa depannya nanti.
by Inke_zhu
Relationship

10 hal yang harus diajarkan ke anak sejak kecil
Image Credit by Inke_zhu
57.132
0
3
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To