PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


febrynahalim
febrynahalim
Member since:
May 2013
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

Tips yang Efektif untuk Mengatasi Masalah Komunikasi Ketika Konflik Terjadi

Published : 24 January 2014
|
14.186
0
0
|
Kualitas komunikasi kita dan pasangan pada saat menghadapi konflik menentukan apakah hubungan tersebut akan semakin baik atau justru semakin buruk setelah konflik selesai. So couples, membangun komunikasi yang efektif sangat lah penting jika kita ingin hubungan kita berhasil. Berikut adalah tips yang efektif untuk mengatasi masalah komunikasi kita dengan pasangan pada saat konflik terjadi.
Image Credit By eatpray-love.com
Gunakanlah kata "saya"

Seringkali yang menjadi sumber konflik bukanlah apa yang kita katakan, melainkan bagaimana kita mengatakannya. Pada umumnya, kita lebih sering menggunakan kalimat-kalimat yang kritis untuk menyampaikan pikiran, perasaan, dan harapan kita kepada pasangan sehingga tidak heran pasangan kita juga mencoba untuk "membela diri" atau "membenarkan" apa yang ia lakukan.

Jadi, berhati-hatilah dalam pemilihan kata-kata kita. Gunakanlah kalimat seperti "Saya merasa lelah. Bisakah kamu membantu saya masak?" untuk menggantikan kalimat "Kamu tidak pernah membantu saya."

Hindari memonopoli pembicaraan

Tidak ada masalah yang sepenuhnya menjadi kesalahan kita saja atau sepenuhnya menjadi kesalahan pasangan kita saja. Namun, yang penting bukanlah siapa yang salah dan siapa yang benar tapi bagaimana supaya konflik itu bisa selesai dengan baik. Untuk itu, kita perlu memberikan pasangan kita kesempatan untuk mengungkapkan apa yang ia pikirkan dan rasakan, baru kemudian kita menyelesaikannya bersama-sama.

Jangan mengungkit masalah yang sudah lewat

Jangan ungkit lagi masalah yang sudah lewat, yang bahkan pasangan kita sudah minta maaf dan kita sudah memaafkannya pada waktu itu. Hindarilah daftar panjang yang berisi keluhan-keluhan kita selama ini dan fokuslah untuk menyelesaikan masalah yang timbul saat ini.

Konflik adalah hal yang normal terjadi ketika kita berinteraksi satu sama lain. Konflik bisa terjadi karena pada dasarnya setiap orang punya cara pikir dan kepribadian yang berbeda-beda. Perbedaan adalah hal yang wajar. Namun jika perbedaan justru menciptakan konflik berkepanjangan, mungkin itu karena ada yang salah dengan cara kita menghadapi konflik.

Rate this article:
(5.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To