PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


irwanrosali
irwanrosali
Member since:
June 2013
Administrator
Administrator

To Lead is To Give Influence

Published : 25 April 2016
|
70.790
0
0
|
Percaya atau tidak, setiap kita dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin. Pemimpin bukan masalah hirarki dalam suatu organisasi atau perusahaan, pemimpin atau leader adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk memberikan pengaruh bagi hidup orang lain, organisasi, perusahaan, bahkan bagi sebuah Negara atau dunia. Kepemimpinan adalah suatu proses pembelajaran yang tidak pernah berhenti. Dalam proses ini, Anda juga dituntut untuk bisa memimpin diri Anda sendiri, mengontrol emosi, dan selalu memberikan respon yang benar untuk setiap permasalahan yang datang. Menjalani fungsi leader di dalam keluarga, perusahaan, dan organisasi tertentu, saya belajar paling tidak ada tiga value dari kepemimpinan yang bisa diaplikasikan di segala sisi kehidupan kita. Berharap ini bisa membantu Anda secara pribadi untuk menjadi pemimpin yang berpengaruh bagi hidup orang lain atau organisasi.

Image Credit By relatably.com
CLEAR
 
Seorang pemimpin harus sangat jelas tentang tujuan yang ingin dicapai, alasan ingin mencapai tujuan tersebut, cara untuk mencapainya, dan dia juga harus bisa menempatkan orang-orang dalam timnya pada bagian-bagian yang sesuai. Tanpa dasar kejelasan ini, suatu tim tidak akan berfungsi secara maksimal.
Akan sangat membingungkan bagi suatu tim jika mereka tidak mengetahui target dan alasan tim itu dibentuk. Setiap individu dalam tim juga hanya akan sekedar menyelesaikan pekerjaan sesuai instruksi saja jika mereka tidak mengetahui dengan jelas cara mencapai target dan mereka bekerja bukan pada bidang yang mereka kuasai. Adanya kejelasan tersebut di awal, selanjutnya akan menentukan level komitmen dan inisiatif dari setiap individu di dalam tim.
 
People only respond to what they see as real, exciting, and beneficial. Untuk itu, target dan alasan pencapaiannya harus cukup menarik, mendorong, bahkan menggugah seluruh anggota tim, sehingga bukan hanya sekedar tangan mereka yang kita dapatkan untuk bekerja, tetapi juga hati dan pikiran mereka. Seorang pemimpin adalah seseorang yang tidak hanya bisa mencetak orang-orang yang bekerja berdasarkan instruksi tetapi juga orang-orang yang dengan seluruh kreativitasnya bisa memberikan kontribusi terbaik bagi tim.
Tujuan akhir suatu kepemimpinan adalah berubahnya cara pandang orang lain, tim, atau organisasi tentang sesuatu hal. Inilah yang dinamakan memberikan pengaruh atau influence. Dan untuk mencapai hasil akhir tersebut, dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikan suatu visi, target, atau tujuan dengan jelas dan tepat.

HUMBLE
 
Memimpin suatu tim dengan banyak pribadi yang memiliki pola pikir, latar belakang, karakter, dan keinginan yang berbeda tidaklah mudah. Perbedaan tersebut sering kali menyebabkan perbedaan ekspektasi dan persepsi yang berujung pada adanya miskomunikasi dalam tim. Adakalanya keputusan atau sikap seorang pemimpin juga disalah mengerti, dikritik, dan menjadi sasaran kekesalan tim. Atau sebaliknya, seorang pemimpin tidak mengerti dan merasa kesal akan sikap orang-orang yang berada di dalam timnya. Kekesalan itu timbul karena ada sesuatu yang kita tidak bisa terima dari orang itu, begitu juga sebaliknya. Menghadapi masalah ini, dibutuhkan seorang leader dengan hati yang humble yang lebih mau mendengarkan pendapat dari sudut pandang orang lain.
 
Kita harus memiliki hati yang cukup besar untuk mau mendengar dan menerima masukan dari banyak orang.   Kekesalan seseorang yang meluap keluar sering kali sudah bukan berisi inti dari permasalahan yang sebenarnya. Jika kita tidak memiliki hati yang cukup besar, kita akan menerima luapan kekesalan itu sebagai suatu cara orang lain untuk menjatuhkan kita. Tetapi jika kita mau merendahkan diri, membuka hati kita, dan mendengarkan dengan lebih terbuka, kita akan menerima kritikan itu sebagai masukan untuk membangun diri kita sendiri dan organisasi dimana kita ada.

Image Credit By slideshare.net
Hal yang perlu selalu diingat adalah perbedaan persepsi antara anggota tim dan pemimpinnya terjadi karena anggota tim belum pernah berada di "sepatu" atau posisi sebagai seorang pemimpin, sedangkan seorang pemimpin sudah pasti pernah menjadi bagian dari suatu tim. Tugas kita adalah berusaha merasakan berada di "sepatu" mereka untuk bisa mengerti mereka lebih baik. Di saat seperti inilah diperlukan humility yang sangat besar. 
 
Sebagai seorang pemimpin, kita harus mau terus mendengar, mencari, dan menggali apa inti permasalahan yang ada agar kita bisa mengambil tindakan perbaikan yang tepat.
FAITHFUL
 
Sebagai seorang pemimpin, ada kalanya kita menghadapi situasi sulit, misalnya saat semua usaha keras kita sepertinya tidak menghasilkan perkembangan yang berarti, kepemimpinan kita mulai disepelekan, dan kredibilitas kita dipertanyakan. Dalam situasi seperti ini, kita memiliki pilihan untuk lari dari segala permasalahan yang ada atau tetap setia mengusahakan segala cara untuk keluar dari permasalahan. Keyakinan yang besar diperlukan untuk tetap bisa setia memegang tanggung jawab yang sudah diberikan.
 
Dalam situasi apapun, tetaplah setia. Jangan malah sibuk menyalahkan kondisi dan keadaan atas suatu ketidakberhasilan, tapi justru kita tetap setia memegang tanggung jawab dengan terus mengembangkan kemampuan diri kita sendiri, terus belajar dan berusaha, sehingga tercapai hasil yang diharapkan. Dengan begitu kita akan secara konsisten berkembang menjadi pemimpin yang lebih baik, kita bukan hanya bisa memberikan pengaruh positif ke dalam kehidupan orang-orang yang kita pimpin bahkan kita akan berhasil menciptakan pemimpin baru.

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

Temukan pekerjaan yang sesuaid dengan passionmu
by merryriana
Motivation

Apakah Pekerjaanmu Saat Ini Sesuai Dengan Passionmu?
Image Credit by merryriana
17.525
0
0
 
Plan your money, Plan Your Life. And Live your best life for Indonesia
by merryriana
Motivation

Plan Your Money Plan Your Life
Image Credit by merryriana
14.258
0
0
 
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To