PIC SELECTION AREA
You can choose pictures from "Picture Collection" tab
or upload your own picture
(see "Personal Upload" tab). Then drag the pictures to the "Writing Area"
Search the username of the person u wanted to mention. After you find it, type the @ symbol followed by the right username on your writing area. Example : @username
WRITING AREA
You can fill this area with as many different template types as needed by dragging up the template from "Template Selection Area" below. If any of the template used contains picture, you can insert pictures by dragging the selected picture from "Pic Selection Area". To insert quotes, please use the quotes template below so the quotes will be listed on the Quotes Page.

TEMPLATE SELECTION AREA

Press this button to review your post.
Remember to save your work progress frequently by pressing this button.
Press this button to go to the next phase before publish.
Press this button to cancel your post.

‚Äč

ABOUT USER


Inke_zhu
Inke_zhu
Member since:
July 2013
Editor Level :
Editor 1 Editor 2

Trik Tidur Siang Menyehatkan

Published : 17 September 2014
|
307
0
0
|

Image Credit By www.pulsk.com
Tidur siang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Tapi, sebagian orang menganggap bahwa tidur siang itu hanya buang-buang waktu. Sayang kalau waktu yang berharga digunakan untuk bermalas-malasan. Anda juga berpikiran demikian?

Berikut ini beberapa alasan mengapa tidur siang penting untuk dilakukan setiap hari :
1. Meningkatkan kepekaan dan kewaspadaan, karena tidur siang selama 30 menit akan membuat syaraf bekerja dengan lebih baik.

2. Mencegah over distress akibat terus menerus bekerja. Tidur siang itu ibarat PC yang sedang re-boot. Aktivitas ini akan membuat badan dan pikiran lebih fresh.

3. Meningkatkan intuisi dan sensitivitas. Menurut Dr. Sandra C. Mednick dalam Take a nap, Change Your Life, tidur siang bisa meningkatkan fungsi pengindraan dan menenangkan pikiran.

4. Mengurangi resiko serangan jantung. Berdasarkan laporan dalam Archives of Internal Medicine tahun 2007, orang yang tidur siang setidaknya 3 kali seminggu memiliki resiko penyakit jantung 37% lebih rendah.

5. Tidur siang membuat seseorang menjadi lebih produktif. Sejumlah studi medis melaporkan bahwa pekerja menjadi lebih produktif dengan tidur siang selama 30 menit saat jam istirahat.

Ternyata, tokoh-tokoh besar pun melakukan tidur siang. Sebut saja Leonardo da Vinci yang tidur siang 2 kali sehari, Napoleon, Thomas Edison, dan bahkan mantan presiden John F. Kennedy yang tidur siang setiap hari selama 30 menit setelah makan siang.

Setidaknya ada 4 jenis tidur siang yang dibedakan berdasarkan efektivitasnya, yaitu :
  • 10-20 menit
Tidur siang selama 20 menit akan meningkatkan energi dan kesiapan tubuh serta pikiran. Tidur semacam ini sangat baik untuk pekerja lapangan, seperti sales dan kontraktor.
  • 30 menit
Tidur siang selama 30 menit tidak dianjurkan. Setelah terlelap selama 30 menit, seseorang akan memasuki masa deep sleep atau area tidur nyenyak. Ketika bangun atau dibangunkan, ia akan menjadi sedikit grogi, cemas, dan jantung berdebar lebih cepat karena kaget.
  • 60 menit
Tidur siang 60 menit sangat baik untuk me-refresh otak. Selama 60 menit, pikiran akan diistirahatkan dan benar-benar bisa tidur nyenyak. Dengan tidur selama itu, kemampuan ingatan akan meningkat. Tidur nyenyak 60 menit juga masih menimbulkan sedikit kecemasan saat bangun.
  • 90 menit
Tidur siang selama ini membuat kita memasuki zona mimpi. Tidur selama 90 menit akan meningkatkan emosi positif dan kemampuan ingatan serta berpikir prosedural. Tidur selama ini juga mengurangi inertia, sehingga tidak gugup saat bangun.

Untuk tidur siang yang baik, tentu tidak hanya sekadar memejamkan mata dan mencari tempat yang empuk. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kualitas tidur siang kita :
  • Matikan lampu, agar syaraf mata beristirahat.
  • Melakukannya secara rutin 3-4 kali seminggu.
  • Untuk di tempat kerja, pilih tidur siang singkat selama 20-30 menit.
  • Gunakan selimut, untuk melindungi tubuh dari penurunan suhu saat tidur.
  • Jangan sampai ketahuan tidur, karena orang yang mengetahuinya biasanya akan mengganggu kita.
Selain memperhatikan tips di atas, kita juga harus berhati-hati dalam mengatur tidur siang. Tidur siang yang salah bisa menimbulkan inertia yang membuat kita justru tidak fokus kerja. Tidur siang yang terlalu lama juga akan mengganggu jam tidur malam, sehingga pengaturan jadwal harian menjadi lebih rumit. 

Tidak semua orang perlu tidur siang. Situs mayoclinic.com menyebutkan, hanya orang-orang yang mengalami kelelahan dan nyeri otot, kurang tidur saat malam, atau yang memang mengatur tidur siang secara rutin saja yang boleh melakukannya. Tidur siang juga sebaiknya dilakukan di ruangan yang benar-benar nyaman.



Cover picture courtesy of  health.kompas.com

Rate this article:
(0.00 out of 5)

RELATED ARTICLES

 
Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena berefek buruk bagi kesehatan.
by Yuanata
Health

Kombinasi Makanan Yang Seharusnya Tidak Dikonsumsi
Image Credit by Yuanata
83.621
0
1
 
3 tips diet yang dilakukan oleh artis Hollywood.
by NadiaHima
Health

Tren Diet Ala Seleb Hollywood
Image Credit by NadiaHima
82.644
0
0
 

COMMENTS

0 Comments
No comments yet. Be the first one to write a comment now!
You have to log in or register to comment, like, and rate article
Report Article
You need to login first
Compose Message
Send Message To